Pantai Randusanga Brebes Diprediksi Tembus 200 Ribu Pengunjung

Kuntoro Tayubi    •    28 Juni 2017 14:38 WIB
ramadan 2017
Pantai Randusanga Brebes Diprediksi Tembus 200 Ribu Pengunjung
Pengunjung anak-anak bermain di Pantai Randusanga Indah, Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin) Brebes, Jawa Tengah, diserbu pengunjung liburan lebaran. Masyarakat yang menikmati pesisir pantai utara Brebes ini tidak hanya dari dalam kota saja, melainkan datang dari luar kota.
 
Kepala Pengelola, Imam, 45, mengaku, di libur lebaran ini pengunjung Parin berkisar 15-20 ribu orang per hari. Diprediksi di penghujung libur lebaran nanti, pengunjungnya mencapai 150-200 ribu orang.
 
“Demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung, kami menyediakan beberapa fasilitas. Antara lain tim medis, tim SAR, anggota kepolisan dan TNI untuk menjaga situasi lebih kondusif,” katanya ditemui dilokasi, Rabu, 28 Juni 2017.
 
Untuk menikmati laut, pengunjung juga bisa menyewa perahu yang berada di Parin dengan sewa satu kali putaran Rp10 ribu per orang. Sementara untuk tiket masuk obyek wisata ini, setiap pengunjung ditarif Rp10 ribu perorang. Berbeda jika ada hiburan, perorang bisa dikenakan tarif hingga Rp15 ribu.
 
Imam menambahkan, setiap libur lebaran masyarakat Desa Randusanga Kulon selalu bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes terkait pengelolaan Parin.
 
Ia melibatkan sebanyak 600 warga dan petugas keamanan Desa Randusanga Kulon untuk membantu pelayanan pengunjung di Parin ini. Pola kerjasama ini untuk memberdayakan warga sekitar.
 
Kepala Desa Kaligangsa Kulon Slamet Maryoko menjelaskan, pihak panitia sudah melakukan persiapan sejak H-2 lebaran. Dari banyaknya wisatawan yang datang, ia optimis target pengunjung hingga H+7 nanti akan terlampaui.
 
“Targetnya dua ratus ribu yang datang, dan kami optimis bisa mencapainya, karena per hari bisa mencapai 20 ribu pengunjung,” kata pria yang akrab disapa Djarot ini.
 
Salah satu pengunjung Rio Saputra, 30, dari Tegal, merasa nyaman dengan Pantai Randusanga Indah, Brebes. Liburan di pantai sudah menjadi rutinitas tahunan bersama keluarganya. Ia memilih Parin karena tempatnya memiliki banyak pilihan warung kuliner.
 
“Rata-rata anak yang senang bermain pasir di pantai dan mandi air laut. Kemudian makan bersama bakar ikan atau menu seafood lainnya,” katanya.



(ALB)