Cerita JK Salami 3 Ribu Orang dalam Sekali Open House

Nur Azizah    •    15 Juni 2018 21:16 WIB
Idulfitri 1439 H
Cerita JK Salami 3 Ribu Orang dalam Sekali Open House
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta

Jakarta: Open house atau gelar griya menjadi tradisi tahunan yang digelar Wakil Presiden Jusuf Kalla saat Lebaran. Sudah empat tahun terakhir, Kalla selalu menghabiskan hari pertama Idulfitri di Jakarta.

“Karena banyak warga, teman, dan sahabat datang yang mau silaturahmi,” kata Kalla dalam program Primetime News Metro TV, Jakarta, Jumat, 15 Juni 2018.

Tak dikira-kira, dalam sehari setidaknya dua hingga tiga ribu orang menyerbu kediaman Kalla. Politikus senior Partai Golkar itu melakukan open house di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

“Hari pertama bisa dua hingga tiga ribu saya jabat tangan. Sampai pegel juga,” ujar dia.

Usai menggelar open house di Ibu Kota, Kalla akan bertolak ke Makassar. Di sana, Politikus Partai Golkar ini bisa menyalami lima ribu orang dalam sehari.

“Hari kedua lebih banyak lagi, tapi tetap mengembirakan karena bisa bersilaturahmi,” ungkapnya.  

Hari ini, Kalla beserta istrinya, Mufidah Kalla membuka gelar griya atau open house sekira pukul 14.00 WIB. Acara yang digelar di rumah dinas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat itu dipenuhi tamu pimpinan lembaga negara, duta besar, hingga masyarakat dan kerabat.

Baca: Warga Rela Antre untuk Bertemu Wapres Jusuf Kalla

Tampak sejumlah menteri lebih dahulu hadir seperti Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Komunikasi Teknologi Informatika Rudiantara. Meraka nampak membawa serta keluarga untuk bertemu JK. 

Setelah itu, silaturahmi juga dihadiri Ketua DPR Bambang Soesatyo serta Wakil Ketua DPR  Fahri Hamzah. Tak ketinggalan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga ikut bersalaman dan menyampaikan ucapan. 

Penyelenggaraan halalbihalal di rumah dinas Wapres dilakukan dalam tiga sesi. Sesi pertama digelar pukul 14.00 hingga 16.00 WIB untuk pimpinan lembaga negara, duta besar, menteri, gubernur, dan pejabat pemerintah.

Sesi kedua mulai pukul 16.00 hingga 17.00 WIB akan dilakukan gelar griya untuk masyarakat umum. Sesi ketiga pukul 19.00 hingga selesai, untuk kerabat dan sahabat Wapres Jusuf Kalla. 


(DMR)