Metro News

Menkes Imbau Masyarakat Cek Kesehatan Sebelum Mudik

   •    19 Juni 2017 09:57 WIB
mudik lebaran 2017
Menkes Imbau Masyarakat Cek Kesehatan Sebelum Mudik
Ilustrasi. Seorang petugas kesehatan menyiapkan alat kesehatan untuk pemudik di posko kesehatan di jalan raya Serang, Jatiuwung, Tangerang, Banten, Rabu (29/6/2016). (ANTARA FOTO/Lucky R)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persoalan mudik tidak bisa dipandang hanya dari satu sisi saja. Menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek, salah satu persoalan yang kerap terjadi saat musim mudik adalah kesiapan para pemudik dari sisi kesehatan.

Nila mengimbau masyarakat khususnya pemudik agar tak sungkan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat sebelum melakukan perjalanan mudik. 

"Kami minta masyarakat harus menyiapkan diri jika ingin mudik. Tahu berapa jam perjalanan dan kesehatannya sudah dicek terlebih dulu, dalam keadaan prima atau sedang sakit. Barangkali kalau sakit jangan mudik dulu," ujar Nila, dalam Metro Pagi Primetime, Senin 19 Juni 2017.

Menurut Nila, pemeriksaan kesehatan tak hanya penting untuk diri sendiri melainkan membantu meringankan tenaga medis yang bertugas. Kata dia, meskipun tenaga medis dan fasilitas dari pemerintah telah disiapkan, pemudik juga harus menyadari jika memiliki risiko kesehatan tertentu agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Senada dengan Nila, Kepala Subdiv Kesehatan Darurat PMI Pusat Istinasari mengatakan persoalan umum yang sering kali dialami pemudik adalah lupa untuk beristirahat karena dikejar target untuk segera sampai ke tempat tujuan.

Ketika hal itu terjadi, Isti mengatakan PMI, relawan dan tenaga medis yang berada di posko pelayanan kesehatan hanya dapat membantu memberikan obat sederhana dan pemeriksaan kesehatan secara dasar. Agar tak mengalami keluhan kesehatan, Isti pun meminta pemudik untuk tidak memaksakan diri, ketika kelelahan diharuskan beristirahat.

"Kami imbau ke masyarakat untuk memeriksakan diri kalau punya risiko penyakit tertentu. Kedua mempersiapkan diri kalau merasa sehat silakan, tapi kalau tidak jangan memaksakan, sudah lelah istirahatlah sebentar," jelasnya.




(MEL)