200 Mobil Kas Bank Mandiri Siap Fasilitasi Penukaran Uang Baru

Juven Martua Sitompul    •    15 Juni 2017 14:30 WIB
hari raya idul fitri
200 Mobil Kas Bank Mandiri Siap Fasilitasi Penukaran Uang Baru
Ilustrasi: Penukaran uang baru. Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 200 unit mobil kas disiapkan Bank Mandiri untuk memfasilitasi masyarakat yang mau menukarkan uang emisi 2016. Fasilitas penukaran uang ini akan berlangsung pada 16-17 Juni.

Direktur Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyomo mengatakan, pihaknya juga menyiapkan 328 kantor cabang untuk melayani penukaran uang emisi baru. Dengan begitu, ada 528 titik penukaran uang. 

"Kebutuhan likuiditas akan naik Rp23,5 triliun. Sedangkan, uang tunai Rp34 miliar di mobil dan Rp459 miliar di kantor cabang, totalnya Rp539 miliar," kata Ogi di Kantor Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis 15 Juni 2017.

Ogi mengungkapkan, Bank Mandiri juga akan memberi edukasi mengenai uang emisi baru. Dengan begitu, masyarakat yang belum tersentuh perbankan mendapat pengetahuan tentang bank dan tergerak menabung di bank.

Baca: BI Gandeng Perbankan Lakukan Penukaran Uang Baru

"Target kita justru ke masyarakat yang enggak tersentuh perbankan ya. Jadi kemugkinan mereka bukan nasabah bank, jadi ada keinginan utuk membuka akun bank lebih besar," ucap Ogi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi memperkirakan, permintaan penukaran uang emisi baru akan terus naik setiap harinya. Terakhir, dari catatan BI, penarikan uang baru dalam periode Ramadan mencapai Rp72,4 triliun.

Baca: Jelang Lebaran, Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Baru

"Sehingga liburan Idulfitri nanti pelayanan perbankan melalui ATM akan tetap dilakukan. Itu memerlukan uang kertas yang cukup besar," pungkas Suhaedi.



(OGI)