Puncak Arus Balik Lebaran di Stasiun Gambir Diperkirakan Malam Ini

Annisa ayu artanti    •    10 Juli 2016 15:25 WIB
mudik 2016
Puncak Arus Balik Lebaran di Stasiun Gambir Diperkirakan Malam Ini
Penumpang kereta api memadati Stasiun Gambir. Foto: MTVN/ Ayu

Metrotvnews.com, Jakarta: Puncak arus balik mudik Lebaran di Stasiun Gambir diperkirakan terjadi malam ini. Sebab, mayoritas pemudik bakal kembali bekerja pada Senin, 11 Juli.
 
Wakil Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida memprediksi jumlah penumpang akan terus mengalami peningkatan. Meskipun moda transportasi tidak mengenal puncak mudik ataupun arus balik, namun mayoritas pemudik diperkirakan kembali ke Ibu Kota hari ini.
 
"Arus balik, peminatnya hari minggu ini. Karena besok sebagian karyawan sudah masuk (kerja)," kata Rizki kepada Metrotvnews.com di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (10/7/2016).
 
Untuk menghadapi lonjakan tersebut, pihaknya mengerahkan 40 kereta api (KA) yang akan membawa penumpang dari arah timur Jawa kembali ke Jabodetabek. "Kalau dari gambir ada 40 KA sudah reguler 27 KA, tambahan 8 KA, fakultatif 5 KA," kata Rizki.
 
Terkait pengamanan di Stasiun Gambir, Rizki mengungkapkan tidak ada kriminalitas yang terjadi saat arus mudik maupun arus balik di Stasiun Gambir. Stasiun Gambir telah diperbantukan oleh tim satgas dari luar seperti kepolisian, satpam.
 
"Enggak ada, kita sudah diperbantukan dari luar. Alhamdulillah tidak ada," ujar Rizki
 
Berdasarkan data yang didapat Metrotvnews.com, peningkatakan jumlah arus balik memang mengalami kenaikan di Stasiun Gambir mulai tanggal 7 Juli 2016 sampai dengan 9 Juli 2016.
 
Untuk tanggal 7 Juli 2016, penumpang yang datang melalui Stasiun Gambir berjumlah 7.320 orang, tanggal 8 Juli 2016 berjumlah 11.928 orang, dan tanggal 9 Juli 2016 jumlah penumpang 13.513 orang.


(FZN)