Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Siapkan Rp167 Triliun Uang Baru

Juven Martua Sitompul    •    15 Juni 2017 14:27 WIB
ramadan 2017
Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Siapkan Rp167 Triliun Uang Baru
Masyarakat antre menukar uang di mobil layanan BI. Foto: MTVN/Juven Martua Sitompul

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) dan Bank Mandiri melayani penukaran uang emisi tahun 2016 di berbagai daerah di Tanah Air. Tujuannya, memperkenalkan uang emisi baru kepada masyarakat.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi mengatakan acara penukaran uang emisi baru ini sebagai bentuk kewajiban BI dalam memberi pelayanan ke masyarakat.

"BI sesuai mandatnya di pengendalian uang rupiah bertugas menyediakan uang ke masyarakat di manapun berada. Kami dalam hal ini mau Lebaran, hari biasa, tahun baru, selalu siap," kata Suhaedi di kantor Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis 15 Juni 2017.

Suhaedi mengatakan, permintaan penukaran uang biasanya melonjak pada Hari Raya Idul Fitri dan tahun baru. Dia menegaskan, BI siap melayani masyarakat kapan pun.

Dari catatan BI, tahun lalu permintaan penukaran uang mencapai Rp146 triliun. Diperkirakan, tahun ini permintaan penukaran uang akan naik hingga 14%.

Suhaedi menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya permintaan penukaran uang pada tahun ini. Antara lain karena adanya tunjangan hari raya (THR) dan minat masyarakat terhadap uang emisi baru cukup tinggi.

"Kemudian, liburan tahun ini lebih panjang daripada tahun lalu. Kalau libur lebih panjang, butuh biaya perjalanan lebih dan banyak yang pakai uang tunai," tutur Suhaedi.


(TRK)