Momentum Membuktikan Kerukunan Umat di Mimika

   •    19 Juni 2017 10:45 WIB
ramadan 2017
Momentum Membuktikan Kerukunan Umat di Mimika
Karyawan PT Freeport Indonesia bersama keluarga salat Idul Fitri di Lapangan Sport Hall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (17/7/2015). dok Freeport

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, tak khawatir jika Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah bertepatan dengan ibadah umat Kristiani, Minggu 25 Juni. Ini justru menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa umat antaragama di Mimika rukun.

"Hal seperti ini sudah pernah terjadi dan tidak ada masalah. Justru pada momentum seperti itulah kita bisa membuktikan kerukunan dan harmoni yang sudah terjalin baik antarumat beragama di Mimika selama ini," kata Ketua MUI Mimika Amin AR di Timika, Senin 19 Juni 2017.

Rencananya, salat Idul Fitri di Mimika akan dipusatkan di Lapangan Timika Indah. Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI) Mimika juga menyiapkan 57 masjid di seluruh Mimika, termasuk di areal PT Freeport Indonesia untuk salat Idul Fitri.

Mengingat salat Idul Fitri tahun ini diperkirakan jatuh pada Minggu dan hampir bersamaan waktunya dengan kegiatan ibadah umat Kristiani di berbagai gereja di Kota Timika dan sekitarnya, PHBI Mimika akan berkoordinasi dengan pengurus gereja yang lokasinya berdekatan dengan Lapangan Timika Indah.

Hal itu dibahas dalam pertemuan antarormas Islam se-Mimika di Gedung Serba Guna Masjid Agung Babussalam pada Minggu malam 18 Juni. Amin mengatakan, pelaksanaan salat Idul Fitri di Lapangan Timika Indah mulai pukul 07.00 WIT hingga pukul 09.00 WIT.

Pada Sabtu malam 24 Juni, umat Islam di Kota Timika akan menggelar kegiatan takbir keliling. Ketua PHBI Mimika La Itam Gredenggo mengatakan PHBI segera berkoordinasi dengan pengurus gereja di sekitar Lapangan Timika Indah. (Antara)


(TRK)