Kemenhub: Tak Ada Calo Tiket Berseragam

   •    28 Juni 2017 11:00 WIB
mudik lebaran 2017
Kemenhub: Tak Ada Calo Tiket Berseragam
Suasana mudik Lebaran di Stasiun Gambir. Foto: Antara/M. Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Perkeretaapian di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Prasetyo Boeditjahjono, memastikan tak ada calo berseragam yang menyediakan tiket kereta api. Bantahan ini sebagai jawaban atas beredarnya video berdurasi 1 menit 32 detik yang memperlihatkan ada transaksi antara penumpang dan petugas berseragam dan beratribut Kemenhub.

“Oknum berseragam yang diunggah dalam video singkat itu bukan pegawai Dirjen Perkeretaapian. Kemarin, orang tersebut sudah kita ajak bicara bersama jajaran PT KAI di Stasiun Pasar Senen dan kami klarifikasi mengenai statusnya,” kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Rabu 28 Juni 2017.

Dalam video yang beredar pada 24 Juni itu tampak petugas sedang memeriksa tiket para penumpang. Video direkam malam hari. Pada detik ke-19, di belakang beberapa orang yang sedang duduk, terlihat seseorang berbaju hitam sedang mengeluarkan selembar kertas dari dompetnya. Orang itu kemudian menyerahkannya kepada seseorang yang berseragam.

Terjadi perbincangan sejenak antara kedua orang itu. Orang yang menggunakan pakaian hitam kemudian mengeluarkan ponsel dan mencatatkan sesuatu. Kedua orang tersebut kembali berbincang.

Saat pemegang kamera berdiri dan mendekati kedua orang itu untuk mendapatkan gambar lebih jelas, keduanya lantas berpisah. Salah seorang dari video tersebut tampak menggunakan seragam dan atribut dari Kemenhub.

“Sebagai tindak lanjut dari kejadian ini, kami akan menurunkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk mengusutnya. Karena hal ini memengaruhi nama baik Kementerian Perhubungan. Kami kembali mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan tak menghalalkan segala cara untuk memperoleh tiket KA. Jangan beli tiket dari calo,” kata Prasetyo.

Menghindari kejadian terulang kembali, masyarakat diminta berpartisipasi dengan cara melapor ke pusat komunikasi Kemenhub dengan nomor kontak 151. "Pemberantasan calo merupakan fokus kerja Kemenhub," kata dia.




(UWA)