logo

Senegal Luncurkan Aplikasi Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Meilikhah    •    04 Juli 2014 13:37 WIB
puasa
Senegal Luncurkan Aplikasi Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
Penderita diabetes berpuasa/ANT/AUDY ALWI.

Metrotvnews.com, Dakar: Senegal meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk umat Islam yang memiliki riwayat diabetes agar lancar berpuasa. Aplikasi bergerak itu untuk membantu penderita diabetes untuk menjalankan puasa sehat selama Ramadan.

Menurut salah satu pengguna, Ndiaga Diop, 26, aplikasi ini membantu memberi panduan bisa berpuasa atau tidak. Diop divonis menderita diabetes tipe 1 ketika berusia delapan tahun.

"Setiap hari kami menerima pesan berisi saran tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh penderita diabetes. Ini sangat baik dan sangat membantu," kata Diop kepada Voice of Amerika, Jumat (4/5/2014).

Aplikasi ini disebut mRamadan, platform ponsel yang bertujuan membantu muslim penderita diabetes melalui pesan teks setiap hari dengan rekomendasi saran-saran untuk berpuasa baik sebelum maupun setelah bulan suci Ramadan.

Aplikasi ini juga menjadi bagian dari Healthy Mobile program yang bertujuan mengurangi kasus-kasus darurat di rumah sakit Senegal yang melonjak selama Ramadan.


(DOR)