Beragam Alasan Warga Mudik di H+4 Lebaran

Lis Pratiwi    •    29 Juni 2017 11:32 WIB
mudik lebaran 2017
Beragam Alasan Warga Mudik di H+4 Lebaran
Sejumlah orang memilih mudik setelah Lebaran melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 29 Juni 2017. Foto: Metrotvnews.com/Lis Prawiti

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki hari keempat Lebaran masih banyak pemudik yang berangkat menuju kampung halamannya. Ini terlihat di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Rohman, salah satu pemudik yang akan ke Cirebon, Jawa Barat, beralasan baru mendapat jatah cuti dari kantornya hingga akhir minggu.

"Saya kerja di rumah sakit dan baru libur hari ini karena kita kan harus gantian jaga," ujar Rohman kepada Metrotvnews.com, Kamis 29 Juni 2017.

Rohman mengaku tak masalah terlambat mudik karena selain harga tiketnya yang sudah normal, ia juga dapat terhindar dari kemacetan dan kepadatan saat puncak mudik.

Santi, pemudik lain, menyebut alasannya pulang kampung hari ini karena baru mendapatkan tiket kereta api untuk ia dan keluarganya. Mereka mudik ke Tegal, Jawa Tengah.

"Baru dapat tiket buat lima orang dan harganya juga sama seperti biasa, Rp95 ribu per orang," kata Santi.

Alasan keluarga juga menjadi pemicu banyaknya pemudik yang berangkat mudik empat hari setelah Lebaran. Seperti Dodi, keluarga istrinya meminta untuk merayakan Lebaran di Jakarta dan menunda pulang kampung.

"Disuruh Lebaran di sini dulu karena banyak keluarga juga di sini, terutama keluarga istri saya," kata Dodi yang hendak mudik ke Brebes.

Kendati baru mudik saat arus balik, baik Rohman, Santi, maupun Dodi, tak dapat terlalu lama di kampung halaman. Sebab, pekan depan mereka harus kembali bekerja dan anak-anak mereka pun mulai masuk sekolah.




(UWA)