Metro News

Pemerintah Siapkan Ambulans Roda Dua Selama Arus Mudik

   •    19 Juni 2017 10:27 WIB
mudik lebaran 2017
Pemerintah Siapkan Ambulans Roda Dua Selama Arus Mudik
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek (kanan) meninjau kesiapan program layanan Public Safety Center (PSC) 119 saat kunjungan kerja di Puskesmas Gajahan, Solo, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan menyiapkan skema tanggap darurat mengantisipasi macet saat arus mudik.

Selain menyiapkan public safety center (PSC) 119, pemerintah juga menambah jumlah posko pelayanan kesehatan yang tersebar di sejumlah titik sepanjang jalur mudik di seluruh Indonesia.

"Tahun lalu kami menyiapkan 3585 posko, sudah kami tingkatkan hingga 3828 posko di titik-titik tertentu yang kiranya menjadi titik kemacetan atau masalah," ujar Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam Metro Pagi Primetime, Senin 19 Juni 2017.

Baca juga: Menkes Imbau Masyarakat Cek Kesehatan Sebelum Mudik

Selain itu, pemerintah juga telah mengantisipasi dugaan berpindahnya titik kemacetan dari Brebes Exit ke Pekalongan dengan berkoordinasi dan membuat pos kesehatan terpadu bersama Kementerian Perhubungan, Jasa Marga dan kepolisian.

Fasilitas kesehatan lain seperti Puskesmas dan rumah sakit juga akan dioptimalkan untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

"Kami juga membuat ambulans roda dua dan ada tambahan dari relawan yang disebut Terabas. Masing-masing kita buat step-stepnya sehingga mudah-mudahan motor tidak bisa menolong pertama selain pemudik dapat menghubungi Public Safety Center 119," jelasnya. 




(MEL)