Pemprov Bali Jamin Stok Pangan Aman saat Idulfitri

Arnoldus Dhae    •    07 Juni 2018 10:53 WIB
pangan
Pemprov Bali Jamin Stok Pangan Aman saat Idulfitri
Ilustrasi. (ANT/Fikri Yusuf)

Denpasar: Pemerintah Provisi Bali menjamin stok bahan pokok aman dan terkendari untuk Hari Raya Idulfitri. Lantaran, Pemprov Bali telah membuktikan stok pangan aman saat Hari Raya Galungan dan memasuki Hari Raya Kuningan. 

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Bali I Nengah Laba memastikan, pemerintah sudah mengantisipasi ketersediaan bahan pangan pada hari raya. Dia mengatakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali terus bekerja untuk menjaga inflasi dalam kondisi rendah dan stabil. 

"TPID terus bekerja keras, memantau pasar, melakukan sidak, berkunjung ke pasar, bertanya langsung ke penjual, distributor, dan semuanya aman terkendali. Stok aman. Kami menjamin itu," ujarnya, Kamis 7 Juni 2018.

Dia menilai, kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok jelang hari raya adalah hal wajar. Karena, banyaknya permintaan. Untuk menyiasati harga, dia mengimbau wara untuk bijak berbelanja. 

"Kami mengimbau masyarakat tidak berbelanja secara berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan," imbuhnya. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Mardiana juga memastikan ketersediaan dan kecukupan pangan saat hari raya. Pihaknya pun berupaya mencukupi kebutuhan masyarakat dan menjaga harga, dengan menggelar pangan murah di berbagai daerah. 

Dia mengungkap, di Bali sudah terdapat Toko Tani Indonesia yang menjual beberapa bahan makanan pokok dengan harga lebih murah dibanding harga pasar. Namun Denpasar, Bangli dan Klungkung yang belum memiliki Toko Tani Indonesia.

"Saat ini sudah ada 60 Toko Tani Indonesia yang tersebar di enam kabupaten di Bali," ujarnya.


(LDS)