Musim Lebaran, Stasiun Gambir Bersih Kriminalitas

LB Ciputri Hutabarat    •    09 Juli 2016 16:30 WIB
lebaran 2016
Musim Lebaran, Stasiun Gambir Bersih Kriminalitas
Stasiun Gambir/MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Angka kriminalitas di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat diklaim nihil. Petugas jaga di posko pengamanan Gambir, Surya, mengatakan laporan yang masuk hanya soal tertinggalnya identitas maupun barang bawaan pemudik.

"Tidak ada sama sekali tindakan kriminal sebelum Lebaran hingga hari ini," kata Surya kepada Metrotvnews.com di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (9/7/2016).

Amannya Stasiun Gambir tak lepas dari puluhan aparat keamanan yang berjaga. Dia mengatakan, sedikitnya 94 aparat keamanan gabungan diterjunkan di sekitaran Stasiun Gambir, setiap hari.

"Ada dari Polda Metro Jaya, Polsek, Polres, TNI, dan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Mudah-mudahan sampai tanggal 18 Juli aman," ujar dia.


Pemudik menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Gambir, Sabtu 9 Juli/MTVN/LB Ciputri Hutabarat

Pantauan Metrotvnews.com, aparat kemanan berjaga di setiap sisi Stasiun Gambir. Sebuah mobil penjinak bahan peledak (jihandak) juga disiapkan berjaga di sekitaran stasiun.

Sementara itu, SM Humas PT Kereta Api Indonesi Daerah Operasional 1 Jakarta, Bambang S Prayitno, mengatakan pihaknya kerap mengingatkan penumpang tetap waspada terhadap oknum yang menawarkan tiket kepada pemudik. Dia menyarankan pemudik membeli via online ataupun chanenl resmi agar tidak tertipu.

"PT  KAI tidak kerjasama dengan jasa perseorangan. Kami kerjasama dengan agen-agen resmi, mini market, dan channel eksternal lainnya. Tidak membeli tiket melalui jasa perorangan berarti sudah terhindar dari upaya penipuan," ucap dia.


(OJE)