Kata Kemenhub Soal Sepinya Penumpang di Terminal Pulogebang

Damar Iradat    •    28 Juni 2017 17:17 WIB
mudik lebaran 2017
Kata Kemenhub Soal Sepinya Penumpang di Terminal Pulogebang
Terminal Polugebang. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima keluhan perusahaan otobus (PO) di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, terkait menurunnya jumlah penumpang. Kemenhub meminta PO bersabar.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo mengatakan, masalah menurunnya jumlah penumpang ketika PO pindah ke Terminal Pulogebang tak dapat dibantah. Namun, ia menganggap hal ini terjadi karena masih masa transisi.

"Ini masalah transisi. Kalau tidak ditertibkan (agen-agen PO) yang di luar, penumpang bisa bocor terus," kata Sugihardjo di Terminal Pulogebang, Rabu 28 Juni 2017.

Akses para calon penumpang ke Terminal Pulogebang juga menjadi masalah yang belum terselesaikan hingga sekarang. Namun, Sugihardjo berjanji pemerintah terus mengusahakan agar akses ini bisa lebih mudah.

Menurunnya jumlah penumpang, kata dia, disebabkan informasi yang belum disebar secara menyeluruh. Oleh karena itu, sosialisasi dan informasi juga penting untuk bisa mengenalkan terminal terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Sosialisasi itu informasinya bahwa Terminal Pulogadung ditutup dan dipindah ke Pulogebang. Jadi, ini memang harus didorong," kata dia.

Baca: Pemudik Masih Padati Terminal Pulogebang

PO di Terminal Pulogebang merasakan adanya penurunan jumlah penumpang pada mudik Lebaran tahun ini. Terminal Pulogebang baru tahun ini melayani arus mudik.

Tri Romadoni, salah seorang staf PO Lorena-Karina, mengatakan, pada mudik-mudik sebelumnya, PO Lorena-Karenina bisa memberangkatkan empat hingga lima bus setiap harinya. Namun, saat ini hanya satu bus per hari.

Ia memperkirakan, menurunnya jumlah penumpang dikarenakan beberapa hal. Salah satunya akses ke Terminal Pulogebang yang masih sulit dijangkau.

"Di sini kan pinggiran Jakarta, orang enggak semudah menjangkau Terminal Pulogadung atau Rawamangun," kata Doni saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Rabu, 28 Juni 2017.

Masih banyaknya agen PO di luar Terminal Pulogebang disebut memengaruhi jumlah penumpang yang naik dari Pulogebang.




(UWA)