24 Ribu Pemudik Diangkut dari Terminal Merak Pada H+6

Ilham wibowo    •    01 Juli 2017 21:43 WIB
mudik lebaran 2017
24 Ribu Pemudik Diangkut dari Terminal Merak Pada H+6
Sejumlah kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera mengantre masuk kapal ferry di Dermaga III Pelabuhan Merak, Banten--. ANTARA/Asep Fathulraman

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 24 ribu pemudik diprediksi akan bertolak melalui Terminal Terpadu Merak, Banten, malam ini, Sabtu 1 Juli 2017. Ribuan pemudik tersebut berasal dari Pulau Sumatra yang kembali ke Pulau Jawa.

"Kami siapkan 520 armada bus dan 15 cadangan untuk mengangkut lonjakan arus balik H+6 Sabtu (1/7) malam ini," kata Kepala Terminal Terpadu Merak Rizky Gustap seperti dikutip Antara, Sabtu 1 Juli 2017.

Rizki menyebut, perjalanan arus balik angkutan umum berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang. Pihaknya optimis para penumpang bisa terlayani angkutan armada menuju berbagai tujuan, seperti Jakarta, Bandung, Yogjakarta, Solo dan Surabaya.

Menurut dia, puncak arus balik meningkat pada H+5 Jumat, 30 Juni dengan jumlah penumpang 20.000 orang. Sebagian besar penumpang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni tersebut menggunakan armada bus dengan tujuan Terminal Rambutan dan Terminal Kalideres. Diperkirakan arus balik terus akan berlangsung hingga H+7 Minggu, 2 Juli.

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan agar pemudik arus balik terlayani sampai tujuan dengan selamat," katanya.

Rizky mengimbau penumpang arus balik menjaga kesehatan tubuh juga menjaga barang-barang bawaan agar tidak tertinggal di terminal maupun kendaraan. Selain itu, penumpang juga diimbau tidak menggunakan perhiasan berlebihan guna menghindari kejahatan.

"Kami terus meningkatkan patroli dengan melibatkan Brimob dan intel guna memberikan pengamanan kepada penumpang arus balik," ucapnya.


(LDS)