Pemudik Jalur Udara Diprediksi 5,4 Juta

Husen Miftahudin    •    16 Juni 2017 11:48 WIB
ramadan 2017
Pemudik Jalur Udara Diprediksi 5,4 Juta
Ruang kontrol mudik di Kementerian Perhubungan. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang pada Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 5,4 juta penumpang. Jumlah itu meningkat 9,8 persen bila dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut jumlah itu dihitung berdasar volume penumpang yang menggunakan pesawat pada H-7 sebelum Lebaran dan H+7 sesudah Lebaran. Kemenhub menyiapkan kursi lebih agar semua penumpang terangkut.

"Kami siapkan 6,7 juta seat capacity, melebihi demand. Diharapkan semua penumpang dapat (tempat duduk)," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat 16 Juni 2017.

Menurutnya, kenaikan jumlah pemudik penerbangan tahun ini menandakan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia meningkat. "Karena tiket pesawat lebih mahal dibanding moda transportasi lain."

Kemenhub memperkirakan puncak arus mudik Lebaran penerbangan terjadi Jumat 23 Juni. Puncak arus balik penerbangan diprediksi Minggu 2 Juli.

Agus melanjutkan, pesawat yang disiapkan untuk melayani pemudik penerbangan sebanyak 532 unit. Hingga awal Ramadan, seluruh pesawat telah diperiksa atau melewati ramp check.

"Kalau enggak salah sudah ada 651 pesawat atau lebih (yang diperiksa). Kita sudah ramp check lebih dari yang dibutuhkan untuk mengantar pemudik," kata Agus.




(UWA)