Arus Balik di Stasiun Gambir Belum Tinggi

Anggi Tondi Martaon    •    28 Juni 2017 12:10 WIB
mudik lebaran 2017
Arus Balik di Stasiun Gambir Belum Tinggi
Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida. Foto: Metrotvnews.com/Anggi Tondi

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini atau H+2 Lebaran, sebanyak 14.310 penumpang diprediksi tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Lebih banyak dari jumlah penumpang H+1 Lebaran, yakni 12.143 penumpang. Namun, jumlah itu disebut belum signifikan.

"Belum banyak," kata Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida saat ditemui di Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 28 Juni 2017.

Rizki memprediksi puncak arus balik terjadi pada H+5. "(Puncaknya) 1 Juli karena tanggal 3 Juli sudah masuk kantor," kata dia.

Dia menyebutkan keramaian di Stasiun Gambir saat arus balik tak akan sama seperti mudik. Pasalnya, tak semua penumpang turun di Stasiun Gambir. "Untuk kedatangan bisa turun di Stasiun Jatinegara atau Bekasi," ujar dia.

Menyambut arus balik, otoritas Stasiun Gambir sudah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, menyiapkan posko kesehatan yang akan bersiaga 24 jam.

"Ada tiga (posko kesehatan). Satu memang dari Stasiun Gambir sendiri dan dua dibantu Kementerian Kesehatan yang terdapat di pintu utara dan selatan," kata dia.

Di Stasiun Gambir juga terdapat hotel transit. Hotel ini bisa dimanfaatkan penumpang jika membutuhkan istirahat sebelum pulang ke rumah masing-masing. "Jika tiba tengah malam, penumpang bisa istirahat dulu di hotel transit," ujar dia.




(UWA)