Antrean Bus Gratis di Ancol Mengular

Lis Pratiwi    •    28 Juni 2017 23:05 WIB
libur panjang
Antrean Bus Gratis di Ancol Mengular
Pengunjung mengantre bus gratis di Taman Impian Jaya Ancol. Foto: Lis Pratiwi/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Penambahan jumlah bus gratis di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, tak lantas membuat pelayanan berjalan dengan lancar. Antrean panjang tetap terjadi akibat membeludaknya pengunjung yang datang.

Menurut Sarto, salah satu petugas pengawal bis di dekat pintu masuk timur Ancol, armada bus telah ditambah menjadi 80 unit kendaraan. Namun, antrean panjang pengunjung tetap tak bisa dielakan.

"Ramai banget sampai tadi ada yang pingsan kegencet-gencet, tapi kemarin lebih parah," kata Sarto saat ditemui Metrotvnews.com, Jakarta, Rabu 28 Juni 2017.

Bus tersebut melayani pengunjung dari dekat pintu masuk barat dan pintu masuk timur. Rute bus terbagi menjadi dua yang dibedakan dengan stiker yang tertempel di bagian depan.

Bus dengan stiker biru, memiliki ukuran lebih kecil dengan rute Dunia Fantasi (Dufan), Ecovention, tempat pertunjukan Samudra, dan Halte Busway.

Sementara itu, bus dengan stiker merah melayani rute ke seluruh pantai, pintu gerbang barat, pintu gerbang timur, Ancol mall, museum, jembatan cinta, hingga Bandar Jakarta.

Sayangnya, jumlah peminat kedua rute tersebut berbeda jauh. Dengan begitu, antrean bus berstiker merah mengular dan butuh waktu berjam-jam untuk para pengunjung bisa menaikinya. Situasi berbeda dengan bus berstiker biru yang sepi peminat.

"Soalnya bis berstiker merah ini ke pantai, kan banyak orang yang mau ke sana jadi penuh," tambah Sarto.

Antrean panjang ini pun dikeluhkan beberapa pengunjung. Selain antrean yang lama, akses pengunjung ke lokasi wisata menjadi terbatas karena tidak ada kendaraan. Sedangkan, jarak objek-objek wisata di Ancol berjauhan.

Irma, salah seorang pengunjung menilai mobilitasnya jadi lebih sulit, apalagi ia membawa anak kecil. "Jadi ribet, mau ke tempat parkir saja jadi jauh tapi kalau naik bis antreannya panjang banget," katanya.


(AZF)