Tiket KA Ekonomi di Sumsel Ludes

Media Indonesia    •    16 Juni 2017 09:45 WIB
ramadan 2017
Tiket KA Ekonomi di Sumsel Ludes
Petugas merawat gerbong di Dipo Stasiun Kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/6/2017). Foto: Antara/Feny Selly

Metrotvnews.com, Palembang: Di luar Jawa, transportasi kereta api juga diminati. Ini terbukti dengan ludesnya tiket kereta api (KA) kelas ekonomi dari Kertapati (Palembang, Sumatra Selatan)-Tanjung Karang (Lampung) dan Kertapati-Lubuklinggau (Sumsel) selama masa angkutan Lebaran.

Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, kemarin, menjelaskan tiket KA kelas ekonomi Kertapati-Tanjung Karang sudah ludes dari H-8 hingga H+6 Lebaran. Adapun untuk Kertapati-Lubuklinggau sudah ludes untuk H-6 hingga H+1 Lebaran.

"Kelas ekonomi kan sudah sangat nyaman dan representatif. Apalagi harganya hanya Rp32 ribu per orang. Karena itu, banyak yang memilih tiket kelas ekonomi," kata Aida.

Adapun untuk kelas bisnis dan eksekutif, lanjut dia, tiket tersisa masih sekitar 35%. Dia memaparkan, masa angkutan Lebaran tahun ini berlangsung selama 27 hari dari 15 Juni hingga 11 Juli.

"Diperkirakan ada kenaikan volume penumpang dari 74.761 orang pada tahun lalu menjadi 88.934 penumpang," kata dia.

Selain itu, imbuh dia, PT KAI juga menyiapkan 207 petugas ekstra di lapangan. "Mereka akan ditempatkan di lokasi rawan longsor seperti dari Muara Enim ke Empat Lawang," kata dia.

Aida menambahkan, PT KAI juga tengah menyosialisasikan penaikan tarif tiket kelas ekonomi sekitar 10% yang rencananya diterapkan mulai 7 Juli. "Ini kebijakan dari pusat. Semula Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu," tandasnya.

Ribuan pemudik dari Kalimantan mulai tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Mereka kebanyakan berangkat dari sejumlah pelabuhan di Kalimantan seperti Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Kumai (Kalimantan Tengah) dengan menaiki beberapa kapal seperti Egon, Dharma Ferry, dan Dharma Kencana.

Setiba di Pelabuhan Tanjung Emas, beberapa menaiki tujuh armada bus Damri yang disiapkan bagi pemudik secara gratis. Armada bus gratis itu bertujuan Purworejo, Pati, Wonosobo, Yogyakarta, dan Pemalang.

General Manager PT Pelindo III cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Agus Hermawan mengatakan, gelombang pemudik sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Puncak mudik di Pelabuhan Tanjung Emas terjadi pada H-2."

Pelindo III, lanjut Agus, telah menyiapkan tujuh armada bus secara gratis untuk membawa penumpang kapal menuju ke lima kota.


(UWA)