Arus Balik Pelabuhan Bakauheni Dipadati Kendaraan Pribadi

   •    02 Juli 2017 06:54 WIB
mudik lebaran 2017
Arus Balik Pelabuhan Bakauheni Dipadati Kendaraan Pribadi
Ilustrasi -- Antara/Burhanuddin Mutjaba

Metrotvnews.com, Bakauheni: Arus balik Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung, sejak Sabtu 1 Juli sampai Minggu 2 Juli 2017 dini hari tadi, dipadati oleh kendaraan pribadi. Kebanyakan kendaraan pribadi pun lebih memilih menyeberang pada malam hari ke Pelabuhan Merak, Banten. 

Melansir Antara, antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni dimulai sejak Sabtu, pukul 21.00 WIB hingga Minggu, pukul 00.32 WIB. Kepadatan terjadi dari Jalan Lintas Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni, ke loket penjualan tiket kendaraan hingga masuk dermaga penyeberangan. Meskipun padat, tapi arus lalu lintas berjalan lancar. 

Sekretaris Jenderal Direktorat Perhubungan Darat (Hubdar)  Kementerian Perhubungan, Sugihardjo menyebut puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni terjadi pada H+7.

"Sudah diperkirakan akan terjadi malam ini, dan sudah jauh hari kami mempersiapkannya," katanya. 

Walaupun terjadi kemacetan di pelabuhan, kendaraan kata dia, hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk masuk kapal. Loket tiket pun ditambah menjadi 46 loket penumpang dari 14  loket. 

"Sebanyak 14 hingga 46 loket tiket khusus kendaraan sudah kami siapkan untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan pemudik," ungkapnya. 

Untuk menghindari penumpukan pun, penumpang dipecah di enam dermaga yang telah disiapkan. Dia mengimbau, agar pemudik berhati-hati juga waspada. 

"Alasannya karena pemudik sudah lelah, kemudian buru-buru sampai ke rumah.
Jadi kami minta untuk selalu waspada," tandasnya. 


(LDS)