Menkes Sebut Angka Kematian Mudik 2017 Turun 50 Persen

Juven Martua Sitompul    •    01 Juli 2017 01:21 WIB
mudik lebaran 2017
Menkes Sebut Angka Kematian Mudik 2017 Turun 50 Persen
Antrean kendaraan di Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung,

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut angka kematian pada arus mudik Lebaran 2017 turun secara signifikan. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka kecelakaan hingga mengakibatkan kematian turun melebihi 50 persen.

"Tadi di daerah Nagreg turun 69 persen. Terus wilayah berikutnya 79 persen turun. Tahun lalu ada 42 kasus kematian lalu lintas di daerah Jabar turun sampai 9 kasus," kata Nila usai meninjau arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jumat 30 Juni 2017.

Nila menilai, angka kematian turun lantaran koordinasi pemerintah dengan masyarakat berjalan dengan baik. Salah satunya, masyarakat khususnya pengemudi mau mendengarkan imbauan dari pemerintah untuk mengecek kesehatan fisik dan keadaan kendaraan.

"Masyarakat sendiri seperti Kapolri katakan harus mengecek kendaraan, kemudian pengemudinya prima kesehatan dan tidak meminum obat buat kantuk, menyediakan makanan cukup dan isi bensin cukup," ujar dia.

Menurut Nila angka kecelakaan bisa terus diminimalisir, jika semua pihak mau kerja sama. Termasuk, media yang menginformasikan dan mensosialisasikan aturan maupun imbauan dari pemerintah terkait arus mudik.

"Saya kira kalau kerja sama ini baik angkanya turun. Jadi saya kira koordinasi ini juga baik media mengumumkan dan sosialisasi dari masyarakat dan pemerintah harus kerja sama baik," pungkas Nila.


(REN)