Empat Anjing Pelacak Disiagakan Polda Jabar di Stasiun KA Cirebon

Ahmad Rofahan    •    10 Juli 2016 16:03 WIB
arus balik
Empat Anjing Pelacak Disiagakan Polda Jabar di Stasiun KA Cirebon
Dua anjing pelacak milik Polda Jabar disiagakan di Stasiun Cirebon (Kejaksan), Minggu (10/7/2016). Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Empat anjing pelacak milik K-9 Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat ditempatkan dua stasiun kereta api di Cirebon, Jawa Barat. Keempat anjing yang baru didatangkan hari ini tersebut memiliki kemampuan mendeteksi bahan peledak, narkoba, juga tindakan kriminalitas umum.

Sekretariat Jendral Kementrian Perhubungan Sugihardjo saat memantau arus balik di Stasiun Cirebon mengatakan ada intruksi dari Menteri Perhubungan kepada para Dirjen Darat, Laut dan Kereta Api untuk meningkatkan keamanan. Hal itu, kata Sugihardjo, dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan di simpul-simpul layanan transportasi.

"Sehingga ada penempatan empat anjing pelacak di dua stasiun kereta api di Cirebon," kata Sugihardjo di Stasiun Cirebon, Minggu (10/7/2016).

Sementara itu Kepala Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Eko S Mulyanto mengatakan empat anjing pelacak tersebut akan ditempatkan selama tiga hari kedepan. Dua anjing pelacak ditempatkan di Stasiun Cirebon dan dua anjing lainnya akan ditempatkan di Stasiun Cirebon Prujakan.

"Untuk di Kejaksan (Stasiun Cirebon) itu satu anjing Labvorador spesialis handak (bahan peledak) dan Mixharder khusus narkoba," kata Eko.

Eko mengakui keberadaan anjing pelacak ini juga merupakan salah satu antisipasi pasca terjadinya peristiwa bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta. 

"Ini semua demi keamanan penumpang," kata Eko. 


(SBH)