Jalur Selatan Yogyakarta-Ciamis Sepi Pemudik Arus Balik

Surya Perkasa    •    01 Juli 2017 19:59 WIB
mudik lebaran 2017
Jalur Selatan Yogyakarta-Ciamis Sepi Pemudik Arus Balik
Kendaraan pemudik terjebak antrean pada H-3 Lebaran di jalur selatan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis 22 Juni 2017.

Metrotvnews.com, Cilacap: Kendaraan di arus balik lewat jalur selatan tergolong lengang pada hari kelima pasca lebaran. Hal ini terlihat dari jumlah kendaraan yang lewat di perbatasan Jawa Barat-Jawa Timur via Kabupaten Cilacap.
 
Jumlah kendaraan yang melalui pos pemantauan Mergo, Cilacap hanya berkisar 9.748 unit hingga pukul 12.00 WIB hari ini. Sekitar 10 ribu kendaraan tersebut terdiri dari 326 unit bus, 357 unit truk, 4.897 unit truk, dan 4.169 unit motor.
 
Sempat terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang keluar dari Jawa Tengah menuju Jawa Barat, pada hari keempat pasca Lebaran bila dibandingkan hari sebelumnya. Jumlah kendaraan keluar lewat jalur ini pada hari Jumat mencapai 20.054. Sedangkan pada hari sebelumnya berjumlah 18.419 unit kendaraan.
 
Kendaraan yang melewati jalur selatan dari arah Yogyakarta menuju Ciamis pun lancar tanpa hambatan. “Saya dari Yogyakarta sampai sini (perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat) hanya sekitar 5 jam. Itu pun sempat berhenti beberapa kali,” kata pemudik roda dua yang bernama Eep kepada Metrotvnews.com, 1 Juli 2017.
 
Kepadatan sempat terjadi di beberapa titik dekat pasar dan persimpangan. “Tapi sangat terbantu dengan kondisi jalan tahun sekarang yang sudah bagus. Cuma sisa sekian puluh kilometer yang bergelombang,” kata dia.
 
Sejumlah jalur alternatif juga tersedia untuk menghindari kemacetan. Salah satunya jalur Yogyakarta menuju Cilacap via Jalan Daendels Pantai Selatan. Jalan di jalur ini mulus walau bukan jalan arteri. Sayangnya jalur ini minim penerangan.
 
Akses Cilacap menuju Ciamis via Jalan Raya Cipari dan Jalan Raya Wanareja pun dapat dipakai walau sedikit memutar. Jalur ini cukup sempit dan bergelombang. Namun, jumlah kendaraan yang melalui jalan ini sangat minim.



(LDS)