Terminal Pulogebang Sepi Pemudik di H+3

Anggi Tondi Martaon    •    29 Juni 2017 11:21 WIB
mudik lebaran 2017
Terminal Pulogebang Sepi Pemudik di H+3
Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah pemudik di Terminal Pulogebang menurun drastis di H+3 Lebaran. Sangat jauh dibandingkan kemarin.

"Untuk yang berangkat memang terjadi penurunan karena sudah memasuki arus balik," kata Kasubag Tata Usaha Terminal Pulogebang M. Taufik di Cakung, Jakarta Timur, Kamis 29 Juni 2017

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko dan Pusat Informasi Terminal Pulogebang, jumlah penumpang arus mudik hari ini dari pukul 00.00 hingga 10.00 WIB sejumlah 429 orang dengan 29 bus. Sedangkan jumlah pemudik yang berangkat kemarin tercatat 2.466 orang dengan 170 armada bus.

Sudarti, pegawai Perusahan Otobus (PO) Sinar Jaya mengatakan, intensitas keberangkatan dari Terminal Pulogebang jauh menurun dibandingkan kemarin. "Berkurang sekitar 50%," kata Sudarti.

Beberapa bus jurusan Jawa Tengah bahkan memutuskan memutar balik karena jumlah pesanan sedikit. Sementara, bus jarak dekat memutuskan menunggu di Terminal Pulogebang

"Bus jurusan Wonosobo dan Purwerejo langsung balik karena pesanan tiket ke sana sudah tak ada. Sekalian jemput penumpang di sana. Kan tiket yang balik ke Jakarta juga sudah habis. Yang jarak dekat, seperti Purwekerto dan Pekalongan ngetem semua," kata dia.

Meski begitu, warga Ibu Kota masih saja ada yang memutuskan pulang kampung pada H+3 Lebaran. Nandi, 41, contohnya. Bersama istri dan anaknya, mereka berangkat ke Pacitan, Jawa Timur.

"Senin (tiket) habis. Selasa juga habis. Baru Kamis ini dapet," kata Nandi saat menunggu keberangkatan di ruang tunggu Terminal Pulogebang.




(UWA)