2 Alasan Jumlah Penumpang Bus Turun

Damar Iradat    •    28 Juni 2017 11:33 WIB
mudik lebaran 2017
2 Alasan Jumlah Penumpang Bus Turun
Suasana di Terminal Pulogebang, Selasa 20 Juni 2017. Foto: Metrotvnews.com/Juven

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan otobus (PO) di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, merasakan adanya penurunan jumlah penumpang pada mudik Lebaran tahun ini. Terminal Pulogebang baru tahun ini melayani arus mudik.

Tri Romadoni, salah seorang staf PO Lorena-Karina mengatakan, pada mudik-mudik sebelumnya, PO Lorena-Karenina bisa memberangkatkan empat hingga lima bus setiap harinya. Namun, saat ini hanya satu bus per hari yang diberangkatkan dari Pulogebang.

Ia memperkirakan menurunnya jumlah penumpang dikarenakan beberapa hal. Salah satunya akses Terminal Pulogebang yang tak mudah dijangkau.

"Di sini kan pinggiran Jakarta, orang enggak semudah menjangkau Terminal Pulogadung atau Rawamangun," kata Doni saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Rabu, 28 Juni 2017.

Tidak hanya itu, ia mengklaim masih banyak agen PO di luar Terminal Pulogebang. Doni berharap agen-agen ini ditindak tegas agar penumpang bisa tertib naik di dalam terminal.

Wiwid, salah seorang staf PO Dewi Sri, mengiyakan jumlah penumpang menurun drastis tahun ini. Pada tahun lalu, PO Dewi Sri bisa memberangkatkan sekitar 120 penumpang saban hari. Saat ini hanya 50 penumpang.

Hal itu dikarenakan banyaknya pilihan bus untuk para pemudik di terminal ini. "Jadi, orang tidak pergi ke satu PO saja," tutur dia.

Kendati menurun, baik Doni dan Wiwid, mengaku puas dan betah mengoperasikan bus di Pulogebang. Pasalnya, dari segi fasilitas dan operasional, terminal ini jauh lebih baik dari Pulogadung.

"Makanya, kita berharap kalau ke depan permasalahan (menurunnya jumlah penumpang) bisa diatasi," tutur Wiwid.




(UWA)