80 Ribu Pemudik Kembali ke Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen

Achmad Zulfikar Fazli    •    09 Juli 2016 12:56 WIB
mudik 2016
80 Ribu Pemudik Kembali ke Jakarta Melalui Stasiun Pasar Senen
Situasi Stasiun Pasar Senen, Sabtu 9 Juli/MTVN/Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan ribu pemudik telah kembali ke Jakarta menggunakan kereta api usai menikmati libur Lebaran di kampung halaman masing-masing. Mereka tiba dari beberapa daerah di Jawa, di antaranya Surabaya, Kutoarjo, Semarang, serta Madiun.

Kepala Stasiun Pasar Senen Dedi mengatakan, jumlah itu terhitung sejak H+1 hingga H+3 Lebaran, Sabtu 9 Juli. "Kalau secara angka ya hampir 80 ribu (yang kembali ke Jakarta). Tetapi kan tiap hari rata rata 21 ribu, 22 ribu," kata Dedi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (9/7/2016).

Namun, tidak semua pemudik turun di Stasiun Pasar Senen. Pasalnya, sebagian besar pemudik telah turun di stasiun lain yang lebih dekat dengan rumah masing-masing.

"Ya arus balik sama mudik kan beda ya, mudik ngumpul semua di sini nih, seluruh DKI. Kalau arus balik dia kan turun di Bekasi, Jatinegara. Sampai sini mah tinggal sisanya saja," ucap dia.

Jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta diprediksi terus bertambah. Puncaknya diperkirakan terjadi pada Minggu 10 Juli.

"Iya sampai besok masih ada 20ribuan lagi (yang kembali ke Jakarta)," ucap dia.

Pantauan Metrotvnews.com, ribuan pemudik memadati Stasiun Pasar Senen. Bukan hanya mereka yang tiba di Jakarta, tetapi adapula pemudik yang akan berangkat menuju kampung halaman, meski telah memasuki H+3 Lebaran.

Pihak Stasiun Pasar Senen bahkan mencatat sekira 23 ribu pemudik akan berangkat ke Jawa hingga malam hari nanti.


(OJE)