Tak Ada Copet & Jambret di Ragunan

Husen Miftahudin    •    07 Juli 2016 18:20 WIB
lebaran 2016
Tak Ada Copet & Jambret di Ragunan
Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang--MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menyiagakan penuh seluruh petugas keamanan selama musim libur Lebaran. Ini untuk memastikan keamanan, dan kenyamanan para pengunjung menikmati ribuan jenis satwa dan fauna yang disediakan di Kebun Binatang Ragunan tersebut.

Humas TMR Wahyudi Bambang mengatakan, sebanyak 60 petugas keamanan akan disiagakan penuh selama musim libur Lebaran. Tak hanya itu, lima anggota kepolisian yang berasal dari wilayah sektor sekitar juga siap berjaga penuh di tempat wisata keluarga tersebut.

"Polisi bagian dari petugas pengaman tempat wisata kita secara rutin. Kondisi ini menjadi bagian dari aparat terkait untuk mewujudkan tempat wisata yang aman dan nyaman sehingga meminimalisasi tindak kriminal untuk menciptakan kenyaman bagi pengunjung," ujar Wahyudi ditemui di Kantor Pusat Informasi, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (7/7/2016).

Diakuinya bahwa selain petugas kepolisian berseragam, ada pula petugas kepolisian tanpa seragam yang selalu keliling memastikan keamanan para pengunjung. Petugas-petugas kepolisian tersebut siap menindak hukum para pelaku kriminalitas yang beraksi di Ragunan.

Tak ayal, hingga hari kedua libur Lebaran Taman Margasatwa Ragunan nihil kriminalitas. "Sampai hari ini tidak ada copet, jambret, dan yang lainnya. Kita terus berjaga penuh," tutur dia.

Sementara untuk keamanan parkir kendaraan, Ragunan memiliki prosedur yang ketat bagi motor, mobil, dan bus yang masuk ke lingkungan parkir TMR. Setiap kendaraan yang keluar parkir, petugas selalu mengecek STNK dan meminta struk parkir yang telah diberi pada saat masuk.

"Pencurian kendaraan baik motor atau mobil tidak pernah terjadi. Setiap keluar, kita selalu minta STNK dan karcisnya. Kalau STNK asli tertinggal, kita minta agar pengunjung untuk menunjukkan bukti kepemilikan yang sah melalui fotokopi atau pun foto STNK dari sanak saudara," ungkapnya.

Bagi motor, TMR juga menyediakan penitipan helm di setiap pintu masuk. "Pintu barat, timur, dan utara kita ada penitipan helm. Bagi yang ingin keamanan lebih soal helmnya, kita sudah sediakan," tutup Wahyudi.


(YDH)