Wakaf Alquran untuk Sesama dengan Rp100 Ribu

   •    29 Mei 2017 09:57 WIB
ramadan 2017
Wakaf Alquran untuk Sesama dengan Rp100 Ribu
Umat Muslim mambaca Alquran di Masjid Raya KH Hasyim Asy`ari, Kamis 25 Mei 2017. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Bandung: Berbagai kegiatan sosial dilakukan umat Islam di bulan puasa ini. Salah satunya ialah wakaf Alquran seperti yang dikerjakan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) Bandung.

Program itu pun terbuka bagi masyarakat umum yang berminat mewakafkan Alquran, cukup dengan menyumbang Rp100 ribu. Menurut Ketua Pelaksana Wakaf Alquran Ika Unpad, Dony Sutardiana, program itu sudah rutin setiap Ramadan.

Sejauh ini sudah ribuan Alquran diwakafkan, terutama di wilayah Jawa Barat. "Kami inginnya sih ke seluruh Indonesia. Mudah-mudah tercapai," kata Dony di Bandung, Jawa Barat, Minggu 28 Mei 2017.

Adapun daerah-daerah yang menjadi tujuan wakaf Alquran tahun ini ialah wilayah selatan Jawa Barat seperti Ciamis dan Pangandaran. Namun, menurutnya, jika donasi yang terkumpul mencukupi, bukan tidak mungkin pembagiannya hingga ke seluruh Indonesia.

Dia menuturkan, program wakaf Alquran itu bermula dari pemberian bantuan buku untuk daerah-daerah di Jawa Barat. Seiring berjalannya program tersebut, pihaknya mendapat banyak permintaan akan Alquran.

Tidak hanya menyediakan Alquran, melalui program itu pihaknya pun membantu peningkatan pemahaman masyarakat akan kandungan Alquran. Pihaknya mengirim tenaga pengajar untuk mentransferkan ilmu yang dimiliki ke masyarakat.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad menyambut baik program itu. Menurutnya, bulan puasa merupakan momentum yang baik untuk berwakaf.

Dia pun berharap program wakaf tersebut bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan fisik Alquran, melainkan juga menjadi wahana untuk memperbaiki kualitas bacaan dan pemahaman nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Ini merupakan ajakan baik. Tidak hanya untuk mendorong literasi, tapi juga mengimplementasikan hal-hal baik. Semoga warga bisa memiliki akses lebih untuk membaca dan mengamalkan nilai-nilai dari Alquran," kata Tri. (Media Indonesia)


(TRK)