Jonan Yakin Tak Ada Penumpukan Pemudik di Pelabuhan Merak

Fathia Nurul Haq    •    10 Juli 2016 10:36 WIB
mudik 2016
Jonan Yakin Tak Ada Penumpukan Pemudik di Pelabuhan Merak
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berbincang dengan pemudik. Foto: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meyakini tidak ada penumpukan pemudik di Pelabuhan Merak. Sebab terjadi persebaran pemudik yang akan balik ke Pulau Jawa.
 
Pemudik lintas Sumatera tampaknya tidak terburu-buru kembali ke Pulau Jawa usai libur Idul Fitri.
Hal itu terlihat dari jumlah kendaraan masuk Pelabuhan Merak. Kondisinya terpantau ramai lancar.
 
Jonan mengatakan, arus balik dari Sumatera terjadi berangsur-angsur sehingga tidak menimbulkan kemacetan panjang.
 
"Kalau arus balik untuk penyeberangan tidak sepadat arus mudik. Kalau arus mudik kan mengejar satu tanggal yang utama, mau kejar Idul Fitri," kata Jonan yang melakukan inspeksi langsung ke Pelabuhan Merak dan menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Minggu (10/7/2016).
 
Jonan memperkirakan arus balik ke Pulau Jawa bakal terjadi hingga hari terakhir libur sekolah atau 18 Juli. Rentang waktu yang panjang itu memberikan ruang bagi pemudik untuk mengulur waktu kepulangannya.
 
Sebelumnya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksikan puncak arus balik Lebaran moda penyeberangan lintas Bakauheni-Merak akan terjadi Sabtu-Minggu , dengan rata-rata kenaikan 5-8% untuk penumpang dan kendaraan.
 
Berdasarkan data Posko Bakauheni, dari total penumpang arus mudik yang naik dari Merak sejak H-7 hingga hari H Lebaran sebanyak 741.669 orang, dari jumlah itu baru sebanyak 102.324 orang yang kembali dari Bakauheni hingga H+1. Artinya, baru sekitar 17% pemudik yang kembali dari Sumatera menuju Jawa. Pemudik yang belum kembali mencapai 613.651 orang.


(FZN)