35 Bandara Disiapkan untuk Layani Pemudik Lebaran

Husen Miftahudin    •    16 Juni 2017 14:24 WIB
mudik lebaran 2017
35 Bandara Disiapkan untuk Layani Pemudik Lebaran
Direktur Angkutan Udara, Maria Kristi Endah Murni. Foto: MTVN/Husen Miftahudin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub menyiagakan 35 bandara untuk melayani pemudik Lebaran. Sebanyak 24 bandara akan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB, sementara tujuh bandara lainnya beroperasi selama 24 jam penuh.
 
"Biasanya 24 bandara itu beroperasi sampai jam 8 malam, kita extend sampai jam 24. Ini untuk memberikan layanan pada masyarakat agar bisa melayani mudik yang aman dan nyaman," kata Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.
 
Agus mengatakan, bandara yang beroperasi 24 jam adalah bandara-bandara besar seperti Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Kualanamu Medan.
 
"Sedangkan bandara yang sampai jam 24.00 WIB itu bandara Semarang, Yogyakarta, Solo serta beberapa bandara di Sumatera dan lainnya," papar Agus.
 
Direktur Angkutan Udara, Maria Kristi Endah Murni, mengatakan, selain menambah jam layanan operasional bandara, pihaknya juga memberi izin tambahan penerbangan (extra flight) kepada 532 pesawat rute domestik dan internasional. Pesawat yang diberi izin extra flight tersebut berasal dari 14 maskapai penerbangan.
 
Untuk domestik, pesawat yang diberi extra flight seperti Air Asia dan Sriwijaya Air. Sedangkan maskapai penerbangan asing ada Cathay Pacific, Jetstar Asia, Silk Air, Malaysia Airlines, dan Singapore Airlines.
 
"Sebanyak 122 extra flight ke luar negeri kira-kira ada 20 ribuan seat yang kita sediakan. Itu internasional saja. Itu juga yang meminta izin dari airline," tutup Kristi.
 


(FZN)