KPPU Pastikan Harga Daging Stabil Menjelang Lebaran

Faisal Abdalla    •    19 Juni 2017 06:31 WIB
ramadan 2017
KPPU Pastikan Harga Daging Stabil Menjelang Lebaran
Ilustrasi: Daging sapi. Foto: ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memastikan harga daging tetap stabil menjelang Lebaran. Pasokan sapi siap potong masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Meski demikian, ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, pihaknya akan tetap mengawal kestabilan pangan, terutama daging sapi. KPPU terus mengintensifkan sidak ke sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH).

Pada sidak di RPH Karawaci, Minggu 18 Juni 2017, pasokan sapi siap potong mencapai 40 ekor per hari. KPPU memprediksi, menjelang lebaran hingga H-2, pasokan tersebut akan naik empat kali lipat. 

"Kami ingin mengecek ketersediaan dan pasokan daging sapi dari feedloter ke RPH. Pada sidak kali ini, RPH bisa dipastikan siap untuk memenuhi kebutuhan konsumen, jadi tidak ada alasan harganya naik," ujar Syarkawi dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com.

Baca: Stabilisasi Harga Daging, Bulog Banyumas Gelontor Daging Impor

Dia menjelaskan, total kebutuhan daging sapi selama Mei hingga Juni diproyeksikan mencapai 64.000 ton. Sementara itu, pasokan yang tersedia mencapai 82.000 ton. "Jadi masih surplus," lanjut Syarkawi.

Saat ini, harga jual daging sapi segar di tingkat konsumen mencapai Rp110.000 hingga Rp120.000 per kilogram, sedangkan daging beku mencapai Rp80.000 serta daging kerbau mencapai Rp65.000. Syarkawi mengklaim, harga tersebut adalah yang termurah selama Lebaran satu dekade terakhir.




(OGI)