Ketepatan Waktu Angkutan Udara di Atas 90%

Nur Azizah    •    28 Juni 2017 18:40 WIB
mudik lebaran 2017
Ketepatan Waktu Angkutan Udara di Atas 90%
Ratusan calon penumpang mengantre masuk ke dalam Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6/2017). Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengklaim ketepatan waktu on time performance (OTP) angkutan udara saat Lebaran di atas 90%. Artinya, hampir seluruh maskapai terbang sesuai jadwal yang ditentukan.

Awaluddin menyampaikan Soekarno-Hatta menjadi bandara dengan OTP tinggi, yakni di atas 93 persen. Dia tak menampik adanya keterlambatan penerbangan.

"Delay pasti terjadi. Itu karena rotasi dan pergerakan pesawat sangat dinamis," kata Awaluddin di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 28 Juni 2017.

OTP di Halim Perdanakusuma, kata dia, lebih rendah dibanding Soekarno-Hatta. Sebab, bandara ini sering menjadi landasan penerbangan untuk Presiden hingga tamu-tamu kenegaraan lainnya.

Kendati begitu, Awaluddin mengaku Angkasa Pura berupaya agar OTP tetap terjaga di atas standar 80%. Di Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta setidaknya ada sembilan maskapai penerbangan domestik.

"Ada Garuda, Citilink, Batik, Wings, Sriwijaya, Air Asia, dan Lion Group. Lion ada tiga," ujar dia.

OTP 90 persen berdasarkan penilaian dari H-10 Lebaran hingga hari ini. Awaluddin menjelaskan, keterlambatan penerbangan disebabkan banyak faktor, misalnya kendala cuaca atau masalah teknis dalam pesawat.

"Atau karena ada genangan di bandara dan ada penerbangan VIP. Halim sering terjadi pergerakan VIP yang membuat adanya pergeseran jadwal," kata Awaluddin.




(UWA)