Libur Lebaran, Tingkat Hunian Hotel di Sukabumi Capai 85%

   •    28 Juni 2017 11:23 WIB
hari raya idul fitri
Libur Lebaran, Tingkat Hunian Hotel di Sukabumi Capai 85%
Wisatawan menikmati panorama petang di Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, (24/4/2017). Foto: MI/Benny Bastiandy

Metrotvnews.com, Sukabumi: Para pengusaha hotel di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merasakan berkah libur Lebaran. Hingga dua hari setelah Lebaran 2017, tingkat hunian hotel, khususnya di sekitar objek wisata laut di Sukabumi, mencapai 85%.

"Mayoritas kamar hotel sudah diisi dan terpesan wisatawan, bahkan beberapa di antaranya sudah terisi penuh," kata Humas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawisata) Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto di Sukabumi, Rabu 28 Juni 2017.

Menurutnya, penyewa kamar hotel didominasi wisatawan dari luar daerah seperti Jakarta, Bekasi, Depok, dan Bogor. Sedangkan wisatawan lokal banyak menyewa bale-bale atau tidur di pesisir pantai.

Tidak menutup kemungkinan penyewa kamar hotel terus bertambah. Apalagi jika cuaca mendung, sehingga wisatawan membutuhkan tempat untuk beristirahat dan berteduh setelah beraktivitas di laut.

Beberapa hotel dan penginapan mulai dari kelas melati hingga berbintang menyediakan fasilitas dan pelayanan tambahan agar wistawan terhibur dan betah. Ada juga pengusaha hotel yang menyediakan jasa pemandu wisata.

"Untuk kami, fokus pengamanan terhadap wisatawan yang beraktivitas di pantai, anggota Balawista yang bersiaga di pos siap memberikan bantuan kepada wisatawan," tambah Yanyan.

Inggrid Maharani, wisatawan asal Jakarta, mengatakan, ia dan keluarga memilih menginap di hotel berbintang dan sudah memesannya sejak hari Lebaran. Inggrid ingin nyaman mengisi liburan setelah perjalannya dari Jakarta ditempuh sekira 10 jam.

"Apalagi perjalanan menuju Palabuhanratu dari Jakarta ditempuh 10 jam lebih karena macet di jalur menuju objek wisata ini. Belum di lagi di wilayah Ciawi, Bogor, hingga perbatasan Sukabumi," katanya. (Antara)


(TRK)