2.500 Personel Gabungan Jaga Malam Takbir di Jakarta Pusat

Ilham wibowo    •    14 Juni 2018 18:59 WIB
Ramadan 2018
2.500 Personel Gabungan Jaga Malam Takbir di Jakarta Pusat
Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede. Medcom.id/ Ilham Wibowo

Jakarta: Sebanyak 2.500 personel gabungan dari unsur Polres Metro Jakarta Pusat, Kodim 0501/JP beserta Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat disiagakan saat malam takbir Hari Raya Idulfitri 1349 Hijriah. Apel pasukan telah digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Kamis, 14 Juni 2018. 

Apel gelar pasukan sinergi tiga pilar ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu beserta Dandim 0501/JP Kolonel Inf Edwin Sumantha. Ketiganya bergantian memberikan arahan. 

"Ada 2.500 aparat gabungan dimana 1.700 dari Polri, 300 dari TNI dan 500 dari Pemkot Jakarta Pusat, setelah apel mereka akan menempati plotingan masing-masing di seluruh wilayah Jakarta Pusat," ucap Mangara ditemui usai apel di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Juni 2018. 

Beberapa titik terutama di dekat objek vital bakal jadi fokus perhatian pengamanan. Personel pengamanan bakal hadir di  kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin, Masjid Istiqlal, dan Istana Negara.  Selain itu kediaman pejabat negara yang mengadakan open house saat lebaran juga tidak luput dari perhatian. 

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu mengatakan pihaknya bakal mengawal pelaksanaan takbir keliling. Izin hanya diberikan kepada organisasi masyarakat yang telah melakukan koordinasi. 

"Untuk malam takbiran yang sudah melaporkan akan kami prioritaskan untuk dikawal supaya pelaksanaannya aman kondusif dan tertib dan kawasan ruas jalan tersebut tidak terjadi stagnan dan kemacetan lalu lintas," ujar Roma.

Pengawalan keamanan juga akan dilakukan oleh unsur TNI. Kodim 0501/JP bakal membantu pengamanan mulai dari kegiatan di tingkat terbawah hingga pengamanan prioritas.

"Semua kegiatan dari polisi atau pemerintah kota, pasti juga ada unsur kami, mulai dari kelurahan dan kecamatan," ucap Dandim 0501/JP Kolonel Inf Edwin Sumantha.


(SCI)