Delapan Rest Area Ditambah di Tol Semarang-Cikampek

Marcheilla Ariesta    •    18 Juni 2018 19:28 WIB
Mudik Lebaran 2018
Delapan Rest Area Ditambah di Tol Semarang-Cikampek
Kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 73, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (13/6). ANTARA FOTO/Risky Andrianto.

Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menambah delapan rest area di sepanjang tol Semarang-Cikampek.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan, penambahan rest area tersebut diharapkan bisa menampung pemudik pada arus balik.

"Karena memang rest area itu kan didesain untuk lalin harian rata-rata. Dengan kondisi ekstrem seperti ini, antisipasi arus balik, pemerintah sudah menyiapkan delapan rest area tambahan," kata Bambang di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2018, Senin, 18 Juni 2018.

Bambang menjelaskan, rest area tambahan akan diberitahukan kepada pemudik melalui rambu-rambu lalu lintas.  "Yang paling penting, ada rest area yang cukup nyaman, yaitu di kota-kota seperti Tegal, Brebes, Cirebon. Mereka bisa memanfaatkan rest area tersebut sambil kuliner dan beli oleh-oleh," jelas Bambang.

Bambang menuturkan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pengusaha lokal. Dia berharap pemudik yang hendak kembali ke ibu kota menggunakan rest area tersebut.

"Karena akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, kalau masyarakat belanja atau makan di situ. Mungkin dapat berdampak ke Pemda dan pengusaha lokal. Masyarakat juga mendapat layanan lebih baik sehingga keduanya bisa mendapatkan banyak manfaatnya," pungkas Bambang.


(DEN)