Puncak Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi H+8 Lebaran

Dian Ihsan Siregar    •    02 Juli 2017 13:59 WIB
mudik lebaran 2017
Puncak Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi H+8 Lebaran
Ilustrasi antrean penumpang di Bandara Soetta/ANT/Muhammad Iqbal

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi puncak arus balik penumpang pesawat melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta) terjadi pada Selasa 4 Juli 2017. Public Relation Manager AP II Yadi Yarismano mengatakan libur panjang sekolah masih berlangsung hingga pekan depan.

"Hasil dari analisa berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya dan estimasi tahun ini. Saya perkirakan puncak arus balik lewat Bandara Soe‎karno Hatta pada H+8, karena masih banyak anak sekolah yang libur," kata Yadi saat dihubungi, Minggu 2 Juli 2017.

Yadi memperkirakan sekitar 190 ribu orang akan masuk ke Jakarta melalui Bandara Soetta. Jumlah itu meningkat ketimbang hari biasa yang hanya mencapai 150 ribu penumpang.

Sementara itu, pada arus balik H+1 hingga H+5 lebaran pihaknya mencatat kedatangan 170 ribu penumpang per hari. Peningkatan jumlah terlihat dari rata-rata 150 ribu penumpang per hari. Sedangkan arus balik hingga H+5 lebaran, didominasi penumpang dari Yogyakarta, Solo, Semarang, Medan, dan Balikpapan.

"Kita telah antisipasi. Pergerakan pesawat juga naik. Kalau H-10 sampai H+5, tingkat penumpang sudah mencapai 3,2 juta orang, atau naik 10 persen bila dibanding periode yang sama pada lebaran tahun lalu," ucap Yadi.


(OJE)