1.145 Personel TNI dan Polri Amankan Mudik via Kereta Api

Putra Ananda    •    19 Juni 2017 16:33 WIB
mudik lebaran 2017
1.145 Personel TNI dan Polri Amankan Mudik via Kereta Api
Petugas berjaga didalam gerbong kereta Kerta Jaya tujuan Surabaya Pasar Turi. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 1.145 personel gabungan TNI dan Polri akan menjaga keamanan warga yang mudik menggunakan kereta api. Mereka disebar di sejumlah stasiun dan kereta api.
 
"Kami menempatkan keamanan di jalur-jalur kereta api guna memberi rasa nyaman dan aman para pemudik," ujar Senior Manager Humas Daop 1, Suprapto di Jakarta, Senin 19 Juni 2017.
 
Suprapto mengatakan, mereka akan bergabung keamanan interbal PT KAI seperti Polisi Khusus Kereta (Polsuska) maupun Pasukan Keamanan Daerah (PKD). PT KAI juga menggunakan pintu metal detector di gerbang masuk peron stasiun.
 
"Ada juga pasukan khusus anjing pelacak (K9) untuk berjaga-jaga sebanyak 4 unit yang ditempatkan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen," ujarnya.
 
Hingga saat ini, setidaknya sebanyak 13.235 penumpang kereta akan berangkat dari Stasiun Gambir. Sedangkan di Stasiun Senen PT KAI telah memberangkatkan 23.919 penumpang. "Mayoritas ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Suprapto.
 
PT KAI juga merekrut 203 orang untuk menjadi Petugas Jaga Lintasan (PJL) dan Petugas Daerah Rawan (PDR) ekstra. Hal ini berhubungan dengan banyaknya perlintasan kereta yang belum dilengkapi palang pintu maupun daerah rawan bencana atau sabotase yang dapat mengancam perjalanan kereta api.
 
"Tercatat sebanyak 592 titik perlintasan yang ada di wilayah PT KAI Daop 1, terdiri dari 144 titik di jaga PT KAI, 36 dijaga pihak ketiga, 44 titik fly over, 11 titik underpass, dan sisanya merupakan titik perlintasan yang tidak terjaga," kata Suprapto.
 


(FZN)