Janji Menteri Basuki Agar Mudik Tak Macet Lagi

Kuntoro Tayubi    •    10 Juli 2016 19:15 WIB
arus balik
Janji Menteri Basuki Agar Mudik Tak Macet Lagi
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono usai rakor arus balik di Brebes, Jateng. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan kemacetan parah yang terjadi di ruas tol Pejagan-Brebes Timur (Brexit) pada arus mudik kemarin diakibatkan volume kendaraan yang meningkat. Selain itu, kapasitas jalan yang masih kurang memadai juga turut menyumbang tumpukan kendaraan.

"Sudah disediakan 100 toilet di rest area, tapi yang datang lebih banyak. Tidak mungkin kita sediakan 1000 toilet karena setelah itu malah mubazir," kata Basuki di tengah kunjungannya di pintu Tol Brebes Timur, Minggu (10/7/2016).

Basuki menjelaskan langganan titik kemacetan di Brebes, Jawa tengah, juga terjadi di Jalur Selatan, tepatnya di perlintasan rel kereta api sebidang Paguyangan.

"Saya janji akan segera memprioritaskan dan merealisasikan pembuatan underpass (jalan tembusan)," kata Basuki.

Pilihan underpass dianggap Basuki bisa lebih murah dibanding pembuatan fly over. Targetnya sebelum lebaran tahun depan proyek tersebut sudah bisa dirampungkan.

"Proses hukum biarkan berjalan. Namun pengerjaannya segera kita lanjutkan," kata dia.

Selain itu, melalui kementeriannya, Basuki juga berjanji untuk segera menuntaskan pembangunan jalan lingkar Utara (Jalingkut) yang difungsikan sebagai jalur cepat Pantura Brebes-Tegal. Proyek yang dimulai sejak 2010 ini mangkrak pada 2012 dan sebelum akhirnya dilanjutkan kembali sejak Februari tahun lalu.



(SBH)