Larang Kendaraan Masuk, Ancol Sediakan Bus Gratis

Lis Pratiwi    •    28 Juni 2017 22:21 WIB
libur panjang
Larang Kendaraan Masuk, Ancol Sediakan Bus Gratis
Sejumlah pengunjung berebut menaiki bus gratis yang disediakan pengelola Taman Impian Jaya Ancol. Foto: Lis Pratiwi/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengelola Taman Impian Jaya Ancol melarang pengunjung untuk membawa kendaraan pribadi hingga ke dalam tempat wisata. Pengunjung harus memarkir kendaraannya dekat pintu masuk.

Untuk memfasilitasi mobilitas pengunjung ke area-area wisata, pengelola menyediakan bus gratis yang wara-wiri ke sejumlah objek wisata. Bus itu beroperasi di dekat pintu masuk timur dan pintu masuk utara.

Sarto, salah seorang petugas pengawal bus di dekat pintu masuk timur mengatakan, kebijakan ini masih dalam tahap uji coba untuk mengurai kepadatan di dalam Ancol karena tingginya jumlah kendaraan pribadi.

"Mau percobaan begini kalau parkir di wilayah timur sama barat, lanjut naik bus," tuturnya kepada Metrotvnews.com, Rabu 28 Juni 2017.

Menurut dia, pelarangan ini juga baru diberlakukan saat libur lebaran, yakni sekitar tiga hari. "Baru dari hari Senin kemarin," ujarnya.

Menghadapi musim libur lebaran, kata Sarto, pengelola juga menambahkan armada bus menjadi 80 buah untuk melayani penumpang selama 24 jam.

Sarto mengingatkan penumpang yang akan naik untuk memperhatikan warna stiker yang tertempel di depan bus. Sebab, ada dua warna stiker untuk dua rute berbeda.

Bus dengan stiker biru, memiliki ukuran lebih kecil dengan rute Dunia Fantasi (Dufan), Ecovention, tempat pertunjukan Samudra, dan Halte Busway.

Sementara itu, bus dengan stiker merah melayani rute ke seluruh pantai, pintu gerbang barat, pintu gerbang timur, Ancol mal, museum, jembatan cinta, Samudra, hingga Bandar Jakarta.


(AZF)