Ayat Alquran yang Bikin Rasulullah Menangis

Sobih AW Adnan    •    03 Juni 2018 03:30 WIB
kisah ramadan
Ayat Alquran yang Bikin Rasulullah Menangis
ILUSTRASI: Pixabay

Jakarta: Abdullah Ibn Mas'ud dikenal bersuara merdu. Ia satu-satunya sahabat yang kerap diminta Nabi Muhammad saw. untuk membacakan ayat-ayat Alquran langsung di hadapannya. Rasulullah pun menyebut bacaan Ibn Mas'ud sebaik kali pertama Alquran diturunkan.

Dalam satu waktu, Rasululllah meminta Ibn Mas'ud melafalkan barang beberapa ayat. "Bacakanlah Alquran kepadaku," kata Nabi.

Ibn Mas'ud menjawab, "Aku membacakannya untukmu, Ya Rasulullah? Padahal kepada Andalah ia diturunkan."

"Sungguh! Aku suka mendengarnya dari orang lain," jawab Nabi.

Tak lama, sahabat bertubuh kecil itu mulai membacakannya. Kali ini, ia lantunkan surat An-Nisa. Hingga pada ayat 41 yang memiliki kandungan arti;

"Maka bagaimanakah (orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu)."


Rasulullah berkata, "Cukup!"

Ibn Mas’ud berhenti. Ketika ditengoknya wajah Rasulullah, Ibn Mas'ud melihatnya tengah berurai air mata.

Nabi merasa iba ketika kelak di akhirat, ia harus menjadi saksi bagi umatnya yang durhaka. Tangisan Rasulullah, menjelma penanda atas kelembutan hati yang dimiliki, bahkan kepada nasib kaumnya yang ingkar sekali pun.


Sumber: Disarikan dari hadis yang diriwayatkan Al Bukhari [4582] dan Muslim [800], serta keterangan dalam Tafsir Ibn Katsir karangan Ismail ibn Umar Al-Quraisyi ibn Katsir.


(SBH)