Semangat Menuntut Ilmu Agama di Usia Senja

Lis Pratiwi    •    07 Juni 2017 06:09 WIB
membaca alquran
Semangat Menuntut Ilmu Agama di Usia Senja
Daminar dan Suwarni menghadiri pengajian di Masjid Jami Al-Ma'mur, Tanah Abang. MTVN Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Namanya Daminar, usianya tak lagi muda, bahkan berjalan pun ia harus dibantu dengan tongkat penyangga. Namun, semangat untuk menuntut ilmu perempuan 86 tahun ini tak pernah surut.

Selasa 6 Juni 2017, layaknya hari biasanya, Daminar pergi dari rumahnya di Cidodol untuk mengikuti pengajian di Masjid Jami Al-Ma'mur Tanah Abang.

"Kami di sini untuk mengaji, setiap Selasa dari Dzuhur sampai sore," kata Daminar kepada Metrotvnews.com di Masjid Al-Ma'mur, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Serupa dengan Daminar, Suwarni yang berusia 62 tahun pun datang ke Masjid Jami Al-Ma'mur untuk mengaji. Kegiatan ini keduanya lakukan tak hanya saat Ramadan, namun memang rutin dilakukan setiap minggunya.

"Sudah lama, sudah bertahun-tahun mengaji di sini," kata Suwarni.

Saat Metrotvnews.com menjumpai Daminar dan Suwarni, keduanya baru selesai solat Dzuhur berjamaah. Kegiatan ini memang menjadi pembuka rutinitas mereka saat berkunjung ke Masjid Al-Ma'mur.

Setelah itu, keduanya akan mengikuti pengajian di ruangan dekat aula utama. Pengajian ini diperuntukan khusus bagi wanita. Saat mengaji, Daminar dan Suwarni ikut mendengarkan lantunan ayat Alquran yang dibacakan oleh guru atau anggota pengajian lain.

"Kalau membaca Alquran sudah agak susah, jadi kuping (mendengarkan) saja," ujar Suwarni.

Pengajian ini akan berlangsung hingga pukul 15:00 WIB dan ditutup dengan solat Ashar berjamaah. Setelah itu, keduanya akan kembali ke rumahnya masing-masing.

Bahkan untuk pergi dan pulang mengaji pun, Daminar dan Suwarni biasa naik kendaraan umum sendiri. Kendati tak lagi muda, keduanya tak pernah berhenti belajar.

"Namanya juga menuntut ilmu, nak," kata Daminar sembari tertawa.

Lebih lanjut, keduanya mengaku tak hanya mengaji di Masjid Jami Al-Ma'mur. Di hari lain, mereka akan berkunjung ke masjid berbeda untuk tujuan yang sama. Setidaknya tiga hingga empat kali seminggu hal ini dilakukan.

Masjid Jami Al-Ma'mur sendiri merupakan masjid tertua di Tanah Abang. Masjid ini berdiri sejak tahun 1704 dalam bentuk langgar atau musola. Di tahun 1904, masjid ini mengalami pembangunan besar-besaran dan kondisinya bertahan hingga kini.


(SCI)