Salat Nabi kala Diganggu Sang Cucu

Sobih AW Adnan    •    05 Juni 2017 16:48 WIB
kisah ramadan
Salat Nabi kala Diganggu Sang Cucu
ILUSTRASI/pixabay

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasulullah Muhammad SAW masyhur dengan sifat kasihnya yang luhur. Terlebih, kepada anak-anak kecil pintar nan polos, serupa cucunya sendiri; Hasan dan Husein, putra Ali ibn Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra.

Nabi Muhammad nyaris tak pernah marah menanggapi 'keusilan' yang lazim diperbuat mereka. Sekalipun ketika Nabi tengah khusyuk mengimami salat berjemaah.

Sekali waktu, para sahabat yang makmum kepada Rasulullah merasa heran. Ketika dalam posisi sujud, Nabi melakukannya lama sekali. Lebih lama dibanding sujud-sujud dalam salat jemaah sebelumnya.

"Ya Rasulullah, Anda sujud lama sekali hingga kami mengira sesuatu telah terjadi atau turun wahyu," ujar satu sahabat sesudah salat.

Rasulullah menjawab, "Tidak. Semua itu tidak terjadi. Tetapi anakku (cucuku) ini menunggangiku. Dan aku tidak ingin terburu-buru agar dia puas bermain."

Di kesempatan lain, para sahabat juga pernah terkagetkan dengan tindakan Nabi yang tiba-tiba menuruni mimbar ketika sedang menyampaikan khotbah. Tak ada sebab lain, Rasulullah iba melihat Hasan dan Husein menangis.

Nabi menghampiri kedua cucunya yang ikut ke masjid dan berusaha menenangkan keduanya. Berkat bahasa kasihnya, tangis Hasan dan Husein pun mereda. Sesudah itu, Rasulullah kembali menaiki mimbar, melanjutkan khotbah yang memang belum usai.

Sumber:
Disadur dari hadis yang diriwayatkan An-Nasai [1129] dalam Kitab At-Thathbiq.


(SBH)