Sikap Nabi kepada Utsman Sang Pemalu

Sobih AW Adnan    •    25 Juni 2016 18:30 WIB
kisah ramadan
Sikap Nabi kepada Utsman Sang Pemalu
Ilustrasi/Pixabay

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW ialah Utsman ibn Affan. Ia dikenal memiliki sifat pemalu, tak banyak bicara, juga taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Atas sikap malu dan rendah hatinya itu, dikisahkan bahwa Rasulullah, juga para malaikat memberikan penghormatan lebih kepada sahabat Utsman.

Suatu hari Rasulullah SAW tengah beristirahat di kediamannya dengan posisi kain yang sedikit terangkat sehingga tampaklah bagian betisnya. Kemudian Abu Bakar As-Shidiq datang dan memohon izin untuk masuk. Rasulullah tetap berbaring dan memersilakan, tanpa membenahi kain dan membiarkannya seperti sedia kala.

Di saat bercakap dengan Abu Bakar, terdengar sahabat Utsman memohon izin untuk turut bergabung. Seperti halnya kepada Abu Bakar, Rasulullah pun memersilakannya masuk. Namun kali ini berbeda, Nabi lekas bangkit lalu membenahi kain yang dikenakan dan berusaha menutupi bagian betisnya.

Memerhatikan sikap Nabi yang berbeda kepada kedua sahabat itu, Aisyah bertanya, "Tadi Abu Bakar masuk, Rasulullah hanya memersilakannya. Sementara ketika Utsman masuk, Rasulullah segera duduk dan membetulkan pakaiannya?"

Nabi menjawab, "Sungguh aku merasa malu terhadap orang yang para malaikat malu terhadap orang itu."

Sumber: Disarikan dari hadits nomor 1637 (Sahih Muslim).


(SBH)