Kisah Air Ajaib di Makam Mbah Priok

Lis Pratiwi    •    09 Juni 2017 08:02 WIB
makam keramat
Kisah Air Ajaib di Makam Mbah Priok
Lokasi air ajaib di makam Mbah Priok --Foto: Metrotvnews.com/ Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Makam Mbah Priok adalah salah satu lokasi wisata religi di Jakarta. Sejak 4 Maret 2017 lalu, kawasan ini pun secara resmi ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Gubernur Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama.

Di lokasi ini, mengalir mata air ajaib yang disebut "mata air barokah". Sumber dari aliran ini adalah air terjum mini yang berada dekat ruang makam Mbah Priok. Uniknya, khasiat air ini dipercaya seperti air zam-zam.

"Jadi ini memang air tanah yang mengalir dari dekat makam Mbah Priok ke seluruh area makam termasuk tempat wudu," kata salah satu penjaga makam, Firman di Jakarta Utara, Kamis 8 Juni 2017.

Lokasi air ajaib ini berada sebelum lokasi makam berada, tepatnya di dekat aula depan. Air ini telah dialirkan melalui pipa dan pengunjung dapat mengambilnya lewat keran. Bahkan, di bawan keran-keran tersebut disediakan pula gelas untuk menampung air.

Air ini pun memiliki rasa yang sedikit berbeda. Kendati berada di pinggir pantai, sama sekali tak asin. Menurut Firman, peziarah juga diizinkan mengambil air menggunakan botol dan dibawa pulang.

"Ambil aja silahkan, boleh sebanyaknya nggak ada batasan," kata Firman.


Lokasi air ajaib di  makam  Mbah Priok --Foto: Metrotvnews.com/ Lis Pratiwi

Firman bercerita, khasiat air barokah ini pun telah terbukti. Ia bercerita sebelumnya ada seorang pengunjung yang ingin mengikuti tes masuk sekolah pelayaran. Namun, ia khawatir tidak lulus karena punya kebiasaan merokok.

Dua hari jelang tes kesehatan, ia pun rutin meminum air ajaib ini dan akhirnya berhasil lolos seleksi. Selain itu, banyak pula warga lain yang percaya penyakitnya sembuh karena air ini.

 
(Des)