10 Ribu Orang akan Bukber di Jalan Asia Afrika

Roni Kurniawan    •    13 Juni 2017 22:21 WIB
ramadan 2017
10 Ribu Orang akan <i>Bukber</i> di Jalan Asia Afrika
Wali kota Bandung Ridwan Kamil bersama Atalia Praratya (kanan) menjadi sopir jurusan Dago-Kebon Kelapa dalam 'Angkot Day'/ANTARA/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung berencana menggelar buka on the street (Bubos) di sepanjang Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 17 Juni 2017. Diperkirakan, acara buka puasa bersama itu dihadiri 10 ribu orang yang mewakili berbagai unsur.

Ketua Penggerak PKK Kota Bandung Atalia Praratya mengatakan, hingga kini antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan Bubos. Sudah ada 95 komunitas yang mendaftar dan siap mengikuti kegiatan itu.

"Dari komunitas sudah hampir lima ribu orang. Jadi, kita tutup pendaftarannya. Kita ingin warga (non-komunitas) juga ikut datang di acara Bubos nanti," kata Atalia di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa 13 Juni 2017.

Istri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ini bilang, Bubos akan dimeriahkan 150 beduk dijejer dari persimpangan Jalan Asia Afrika- Jalan Lengkong Besar hingga jembatan penyeberangan Asia Afrika. 

"Juga ada fashion show di sepanjang Jalan Asia Afrika. Jalan tersebut akan pakai karpet dan tenda," kata dia.

Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Dewi Hotijah mengatakan, penutupan lalu lintas akan dilakukan di sepanjang rute yang akan dilewati mulai pukul 12.00 WIB.

"Acaranya dimulai pukul 16.30 WIB sampai dengan buka puasa," kata Dewi di tempat yang sama.

Kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas serupa pengamanan kegiatan car free night (CFN), agenda rutin per dua pekan di Jalan Asia Afrika.

"Tapi, kita tetap antisipasi kepadatan kendaraan. Karena acara berlangsung weekend serta minggu ketiga bulan puasa. Apalagi di pusat kota," kata Dewi.

Kegiatan Bubos pekan mendatang adalah kali kedua yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bandung. Tahun lalu, acara berlangsung dalam skala lebih kecil dan dihadiri sebanyak 1.500 orang.

"Tahun ini kita akan lebih besar pesertanya sebanyak 10 ribu orang. Dan nanti akan dihadiri oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekda. Jadi warga buka bareng dengan pemimpin-pemimpin daerah," pungkas Atalia.


(SBH)