Nasi Bogana, Menu Berbuka Puasa Khas Keraton Cirebon

Ahmad Rofahan    •    13 Juni 2016 12:28 WIB
kuliner
Nasi Bogana, Menu Berbuka Puasa Khas Keraton Cirebon
Seporsi nasi bogana. (Foto: MTVN/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Bosan berbuka puasa dengan menu biasa? Mungkin anda bisa mencoba menu nasi bogana. Nasi bogana merupakan menu khas Keraton Cirebon.

Bentuk nasi bogana mirip dengan nasi tumpeng dalam ukuran kecil. Sajiannya dicampur dengan kelapa muda dengan lauk ayam dan tempe yang dimasak opor.

Nasi bogana biasanya dihidangkan untuk keluarga kerajaan saat melakukan syukuran. Simbol nasi berwarna kuning dan mengerucut ke atas merupakan wujud syukur atas apa yang telah diberikan oleh tuhan.

Untuk bisa mencicipi menu ini, anda bisa mengunjungi Pawon Bogana, salah satu tempat kuliner yang berada di area Keraton Kacirebonan, Cirebon, Jawa Barat. 

Menurut Humas Keraton Cirebon, Sonia, Pawon Bogana belum genap satu tahun. Namun animo masyarakat untuk mencicipi kuliner satu ini sangat tinggi. Tak jarang wisatawan dari dalam maupun luar kota, datang ke Cirebon hanya untuk merasakan nasi bogana.

"Alhamdulillah, cukup banyak yang sudah datang ke sini. Baik dari dalam maupun luar kota," ujar Sonia, Minggu (12/06/2016).

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, Pawon Bogana juga menghadirkan kesenian-kesenian khas keraton yang ditampilkan sebulan sekali. Ia juga menggandeng komunitas dan juga seniman untuk memeriahkan tempat kuliner tersebut.

Salah satu pengunjung, Sunardi, mengaku menikmati rasa khas dari bumbu nasi bogana. 

"Rasanya enak, dan harganya juga relatif murah," ujarnya.

Harga Nasi Bogana relatif murah. Untuk menu Nasi Bogana dengan ayam pejantan dihargai Rp18 ribu per porsi. Sedangkan untuk menu ayam kampung, dibanderol Rp25 ribu per porsi.

Pawon Bogana melayani pelanggan mulai pukul 10.00-22.00 WIB untuk hari biasa. Sementara saat Ramadan, resto ini baru mulai buka pada pukul 17.00-22.00 WIB.


(MEL)