Kaligrafi Kakak RA Kartini

Rhobi Shani    •    30 Mei 2017 20:35 WIB
ramadan 2017
Kaligrafi Kakak RA Kartini
Kaligrafi berbentuk macan karya Sosrokartono/Metrotvnews.com/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Kaligrafi berbingkai kayu usang berukuran 100 cm x 50 cm tergantung di salah satu sudut Museum Kartini Jepara, Jawa Tengah. Tepatnya di Dar Oe Salam, ruang yang banyak menyimpan benda-benda koleksi RMP Sosrokartono.

Sosrokartono ialah kakak kandung R.A. Kartini, sosok yang banyak memberi dorongan dalam prinsip emansipasi wanita.

Kaligrafi karya Sosrokartono yang satu ini ditulis pada media kertas menggunakan tinta warna hitam. Berbentuk macan dengan ekor panjang dari belakang menuju kepala. Di atas ekor terdapat burung merak.

Kepala Museum RA Kartini Jepara Subiyanto menceritakan, kaligrafi di sana tidak hanya berbentuk macan. Museum yang terletak di sisi utara alun-alun ini juga menyimpan kaligrafi yang terbuat dari sulaman kain karya Sosrokartono berbentuk alif, huruf pertama abjad hijaiyah.

Alif ini media pengobatan yang digunakan Sosrokartono. Ada yang ditulis di kertas ada juga yang disulam,” ujar Subiyanto sembari menunjukan sejumlah benda peninggalan Sosrokartono, Senin 29 Mei 2017.

Subiyanto menceritakan, selain menguasai 26 bahasa, Sosrokartono juga pandai dalam bidang pengobatan. Bahkan, dia mendapat julukan Dokter Air Putih.

“Itu karena metode pengobatannya menggunakan air putih dan huruf alif. Alif merupakan simbol dari yang tunggal, esa, yaitu tuhan. Artinya, kesembuhan itu datangnya dari tuhan melalui perantara air putih,” terang Subianto.


Ruang meditasi Sosrokartono/Metrotvnews.com/Rhobi Shani

Selain kaligrafi karya Sosrokartono, museum Kartini juga memiliki koleksi berupa benda-benda yang digunakan Sosrokarto saat bermeditasi. Ada yang berbentuk meja, kursi ukir, kendi tembaga, tempat kemenyan, dan tempat air yang terbuat dari tembaga.



(SBH)