'Kampoeng Ramadhan' Semarakkan Suasana Puasa di Surabaya

Amaluddin    •    08 Juni 2016 15:01 WIB
ramadan 2016
'Kampoeng Ramadhan' Semarakkan Suasana Puasa di Surabaya
Gus Ipul saat meresmikan Kampoeng Ramadhan di Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Keramaian tampak di depan Jatim Expo, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur. Itulah suasana 'Kampoeng Ramadhan' yang diklaim mampu menggerakkan ekonomi umat Islam.

Suasana ramai terjadi mulai pukul 10.00 WIB, Rabu 8 Juni. Beberapa warga mendatangi 'Kampoeng Ramadhan'. Mereka melihat-lihat pakaian dan makanan yang dijual di area tersebut.

Ada martabak, lemper, risol, bahkan kue lapis. Ada pula stand yang menjual pakaian, perlengkapan rumah tangga, hingga biro perjalanan umrah yang menawarkan harga ekonomis.

"Di sini harganya lebih murah. Gorengan ote-otenya aja Rp500. Kalau di luar bisa Rp1.500," kata Hafis, pengunjung 'Kampoeng Ramadhan'.

Kehadiran 'Kampoeng Ramadhan' menjadi perhatian Wakil Gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Malah, Gus Ipul menyempatkan diri menghadiri peresmian 'Kampoeng Ramadhan'. 

Dalam peresmian yang berlangsung kemarin malam, Gus Ipul berharap 'Kampoeng Ramadhan' mampu mendorong dan meningkatkan perekonomian di bulan Ramadan. Lantaran itu Gus Ipul mendukung kegiatan tersebut.

"Saya dukung acara ini. Karena kegiatan ini menjadi bagian dari ibadah kita, terutama untuk meningkatkan ekonomi umat," ujar Gus Ipul.

'Kampoeng Ramadhan' berlangsung mulai 6 hingga 19 Juni 2016. Adalah organisasi massa Muhammdiyah yang menggelar kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini merupakan ijtihad di bidang ekonomi Islam, khususnya warga Muhammadiyah. Sekaligus mempromosikan hasil produksi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM)," kata Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PD Muhammadiyah Kota Surabaya, Mahsun Djayadi.


(RRN)