Menengok Ngabuburit ala Warga Lapas Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    06 Juni 2017 22:19 WIB
ramadan 2017
Menengok Ngabuburit ala Warga Lapas Sidoarjo
Warga binaan Lapas Kelas II Sidoarjo, Jawa Timur sedang mengantre di Bazar Ramadan/Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Sidoarjo, Jawa Timur bisa menikmati hiburan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Melalui program bertema "Ngabuburit dan Bazar Ramadhan ala Warga Binaan" itu, mereka bisa menikmati pementasan musik, pertandingan bola voli dan futsal, serta dilengkapi dengan kemeriahan bazar.

Kasubsie Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Lapas Sidoarjo, Rudi Kristiawan mengatakan program digelar dalam rangka menjalin kedekatan antara pembina dan warga binaan. Selain itu, juga demi meningkatkan sistem pengawasan. 

"Semuanya dilakukan oleh warga binaan. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun lalu. Bedanya, kali ini ada penambahan bazar." ujar Rudi, Selasa, 6 Juni 2017. 

Tujuan berikutnya adalah agar warga binaan merasa nyaman saat berada di Lapas. "Kebanyakan dari mereka yang berada di sini pasti merasa jenuh. Mungkin dengan seperti ini mereka merasa lebih nyaman," kata Rudi. 


Warga binaan bertanding bola voli jelang berbuka puasa/Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi

Overkapasitas

Penyebab kejenuhan bisa beragam. Di antaranya, kondisi lapas Sidoarjo yang sebenarnya sudah melebihi daya tampung. Sampai hari ini, ada sekitar 1.080 warga binaan dengan kapasitas yang semestinya diperuntukkan bagi 383 orang. 

Salah satu penghuni lapas Gunawan mengaku senang dengan adanya aktivitas yang biasanya hanya bisa ditemui di luar lapas.  

"Jadi di dalam lapas tidak monoton. Kita bisa main futsal, voli dan main musik," kata Gunawan. 


(SBH)