Menyeberangi Sungai Jadi Rutinitas Bocah Sidokumpul

Iswahyudi    •    09 Juni 2017 16:00 WIB
ramadan 2017
Menyeberangi Sungai Jadi Rutinitas Bocah Sidokumpul
Anak-anak Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kendal, Jawa Tengah menyeberangi sungai menuju sekolah/Metrotvnews.com/Wahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Puasa tidak menghalangi anak-anak Dusun Cipluk Timur, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kendal, Jawa Tengah untuk terus bersekolah. Padahal, untuk menempuh itu semua mereka harus menyeberangi sungai dan berjalan kaki dengan jarak tempuh yang tidak dekat.

Anak-anak ini tetap menampakkan keceriaan sebagai tanda tak pernah lelah dalam menuntut ilmu. Sesekali, mereka terpaksa digendong orang tuanya masing-masing lantaran khawatir terpeleset saat menyeberangi sungai yang cukup lebar.

Meski begitu, salah satu orang tua siswa, Nurjaman, mengaku tenang. Sebab, Ramadan tahun ini bertepatan dengan musim kemarau yang tidak memungkinkan adanya aliran sungai yang terlalu deras.

"Dua tahun lalu air sungai  besar sehingga tiap pagi dan siang masing-masing orang tua harus rutin menjemput," kata Nurjaman, Jumat, 9 Juni 2017.

Anak-anak berangkat pukul 06.00 WIB. Jembatan penghubung yang sudah lama putus belum juga diperbaiki. 

Warga lainnya, Sardi, mengatakan, kondisi sungai yang surut dimanfaatkan warga untuk mengambil batu untuk disusun menjadi jalan darurat. 

“Agar bisa digunakan untuk menyeberang warga dan anak-anak,” kata Sardi. 


(SBH)